Phoneography : My Neighborhood

Phoneography  , seperti yang ada di sini juga   membidik lingkungan sekitar.  Pergola di sekitarku  ini berupa tanaman rambat dengan buah dan daun  seperti anggur tapi  buahnya sungguh  mungil dan rasanya asam. Lebih baik kutanya mbak Prih Rynary jenis anggur  ini, ataukah  ini tanaman lain yang menyerupai ?

20130310-082954.jpg

20130310-083104.jpg

Iklan

39 thoughts on “Phoneography : My Neighborhood

  1. ded berkata:

    Seperti beberapa teman yang lain,saya juga yakin ini adalah anggur. Apalagi menurut Ni Made ini adalah anggur lokal, dari bentuk daunnya menjadi lebih meyakinkan… 🙂

  2. bintangtimur berkata:

    Wah, mbak…pergola yang terbuat dari tanaman merambat yang berbuah dan berbunga itu saya suka banget. Biarpun di rumah saya tidak ada, tapi saya tetep gemes kalo lihat pergola dengan buah-buahan atau bunga yang bertebaran…
    😀
    Apa kabar, mbak?
    Maaf ya sudah lama saya tidak silaturahmi.

  3. Ni Made Sri Andani berkata:

    Lha..itu memang bener Anggur , Mbak Monda. Itu jenis anggur lokal. Dulunya di Bali (tepatnya di daerah Singaraja misalnya di Seririt, Gerokgak dan sekitarnya), banyak dibudidayakan anggur lokal ini. Kalau di Bali sih disebutnya dengan nama Anggur Bali. Buahnya ukurannya lebih kecil dari anggur yang sekarang beredar di pasaran, seukuran anggur import yang jijau, tapi bulat bukan lonjong. Warnanya mulai dari hijau,bersemu merah, lalau kalau sudah masak berwarna hitam. Rasanya lebih asam dari anggur import. Bapak sayapun menanam anggur ini di halaman rumah waktu saya kecil, Mbak.

    Nah..karena sekarang.sudah banyak anggur import yang jauh lebih manis dan lebih besar-besar dengan ragam rupa, maka jenis anggur ini semakin tersingkir ke pinggiran. Harganyapun jatuh karena kalah saing dengan buah import. Mungkin masih ada 1- 2 petani yg membudidayakannya saat ini.

  4. sakti berkata:

    anggur nih, daunnya daun anggur, coba buahnya diperas, terus disaring, kemudian disimpan sekitar 30 tahun, kalau diminum ternyata memabukkan berarti memang anggur itu, haha.. btw indah skali, bisa jadi atap yang bisa berbuah 🙂

  5. Bibi Titi Teliti berkata:

    Dulu aku pernah iseng tanam tanaman merambat kayak gini juga mba di rumahku…
    maksudnya biar teduh gituh…

    tapi karena suka males nge rapihin..
    rumahku jadi kayak hutan belantara dan akhirnya dipotong aja…
    *tidak hepi ending*

  6. lozz akbar berkata:

    bukan deh tante… itu kayaknya tumbuhan yang biasanya saya buat lempar-lemparan saat kecil dulu.. Karena mengandung semacam tinta.. eh tapi gak tahu yo kok saya lihat lagi mirip anggur.. Mungkin Anggur Jowo itu Tante hahaha

  7. prih berkata:

    Mencermati bentuk daun, sulur, dan tandannya koq mirip sekali dengan anggur ya mbak Monda. Buahnya mungil sekali ya dari proporsi jumlah buah di telapak tangan, hm semoga sahabat lain bisa lebih meyakinkan jenis tanaman pergola cantik ini. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s