Bekas Sawah

Aku melongo…,bengong kemudian  menoleh lagi dan sekali lagi.  Yang kulihat itu nyata.  Sudah berubah.   Di boncengan tukang ojek  melamun masih kusesalkan perubahan itu.

Ya……pemandangan hijau indah itu sudah tak ada lagi.   Biasanya kalau lewat  jalan itu selalu senang  cuci mata melihat  sawah menghijau di antara padatnya perkampungan penduduk.  Ukuran sawah itu  memang tak terlalu luas, tetapi sungguh bisa menyegarkan mata.

Setiap kali lewat selalu ingin foto-foto suasananya, orang-orangan sawahnya, suasana panennya. Terakhir melewati  sawah itu sempat kulihat  onggokan padi yang  baru saja panen.  Kupikir aku akan datang  saat musim tanam berikutnya dimulai. Senang mungkin ya  melihat lagi  para  petani mulai tandur, melihat lagi munculnya bulir padi.   Tapi karena selalu dalam keadaan buru-buru  selalu ditunda keinginan itu. Dalam hati kuberniat  untuk datang di saat santai pagi-pagi,   saat yang tepat untuk foto-foto. Ya,  mengikuti  sarannya  para ahli  foto pemandangan itu baiknya di bawah jam 10 pagi, saat matahari belum terik.

Tapi sekarang tak ada lagi memedi, si orang-orangan sawah, yang muncul traktor perata tanah.  Tak ada lagi hijaunya rumpun padi yang ada hanya tanah coklat.  Tak ada papan nama proyek, tetapi kata orang di situ akan dibangun perumahan sistim cluster.

bekas sawah

Perubahan memang tak mungkin dielakkan, karena memang jumlah penduduk bertambah, kebutuhan pun bertambah.  Yang penting perubahan harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Selamat Hari Bumi.

Sebagai pengingat untukku :

  •   Hari Bumi Internasional ditetapkan pada tanggal 22 April,  sejak 1970 oleh senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson. Hari itu  bertepatan dengan awal musim semi di bumi belahan utara. (Wikipedia) Hari Bumi bertujuan meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi.
  • Sedangkan Hari Bumi menurut PBB adalah 20 Maret, tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada 1969. Pada tanggal 20 Maret itu matahari tepat di atas katulistiwa, yang sering disebut Ekuinoks Maret (Wikipedia ).
  • Selain Hari Bumi ada Hari Lingkungan Hidup 5 Juni, ditetapkan PBB tahun 1972, sebagai penanda pembukaan Konferensi Lingkungan Hidup.

42 thoughts on “Bekas Sawah

  1. Diandra berkata:

    inilah salah satu yg sering terjadi di negeri ini
    sawah2 berubah menjadi rumah2 yg kebanyakannya sih dibiarkan kosong krn pemiliknya kebanyakan sdh memiliki lbh dr 1 rmh
    seperti juga yg terjadi di dekat rumahku mbak
    dulu ketika pertama kali aku pindah disepanjang jln menuju rumahku disuguhi dgn pemandangan yg menyegarkan mata
    sawah terhampar luas … apalagi ketika lagi hijau2nya adeeem deh
    tp skrg….berubah jadi perumahan elite …hiks

    aaiihh….saking semangatnya sampe lupa menyapa dulu
    mbak Mondaaaaaa…… pa kabar ?
    #sun tangan dulu ah#
    kangeeeeen…..
    msh inget aku gak?😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s