Buah Nona

Annona squamosa, begitu nama ilmiahnya. Di tanah air kita kenal dengan nama buah srikaya atau buah nona. Entah kenapa ya kedua nama itu punya sinonim lain, karena srikaya itu juga kan nama penganan dari Sumatera sana. Buah nona juga rasanya nggak enak aja dengarnya he..he… Siapa duluan yang menamakan demikian, apakah  nama ilmiah yang mengikuti penamaan lokal, atau orang kita yang sangat canggih sudah tahu nama Latin jadi dipakai saja nama itu untuk sehari-hari.

Tambahan dari seorang teman  di FB ” Di Larantuka, jg Maumere buah ini biasa disebut “ata nona”,dan banyak sekali yg tanam,sekarang memang musim buah nona ini. Buah nona,khasiatnya anti kanker. Kalo masak dipohon manisnya enak,beda dengan diperem….aku kenal buah ini sejal kecil krn mamaku suka makan buah ini, dan selalu ada pohonnya di hal.rumah….”

Aku belum pernah makan buah ini, padahal dari dulu sih tahu dan pernah lihat pohonnya di halaman rumah orang. Makanya ketika akhirnya pohon srikaya di halaman puskesmas berbuah, aku pesan sama satpam supaya jaga buah itu jangan sampai rontok atau dipetik anak-anak.

Buah Nona / srikaya

Foto atas ini diambil kira-kira akhir bulan Maret, cukup lama juga baru matang.  Hari Jumat minggu lalu  buah ini kufoto, tampilannya sudah memutih dikerubuti semut. Kata pak satpam belum matang, masih agak keras.

buah nona / srikaya 2

Senin pagi dapat laporan dari pak satpam buahnya sudah jatuh dan pecah, dan sudah dibuang ke tempat sampah pula. Daging buahnya  mirip sirsak .  Terpaksalah tunggu buah berikutnya matang . Ada yang pernah makan buah ini ? Akhirnya biji buahnya kuminta untuk dibibitkan dan kepingin tana, di halaman rumah .

Iklan

34 thoughts on “Buah Nona

  1. ahmad nabawie berkata:

    kesian kali ceritany tragis ya… kalo buah ini (serikaye)ada,tp jarang disini…kalo buah nona,banyak, nih tadi baru ngerotokin dari pohonnya..kalo mau kesini.. kasi free..nah nah nah

  2. Lyliana Thia berkata:

    Rasanya manis, enak, tapi banyak bijinya itu loh Bun, yg kadang bikin malas makannya, hehehe…

    Di toko buah emang jarang yah Bun, apa udah masuk kategori buah langka ya?
    Buah nona ini, waktu aku ptt di Gorontalo, banyak pohonnya, tapi buahnya bisa sampai jatuh2 di tanah karena ndak ada yg ambil… Wuah sayang banget.. Hehe.. Kalo bukan pekarangan orang udah aku embat Bun, hahaha..

    • yayats38 berkata:

      Setuju sama nyonya sepatu tuh .. di Surabaya banyaakkk 🙂
      Cuman gampang lembek … gak rekomen dah buat kirim2 ***menghindari yang minta dikirim 😀

  3. ysalma berkata:

    Saya kenalnya buah ini namanya juga srikaya Kak,
    pernah memakannya juga, sekarang punya pohonnya jg di depan rumah, krna tetangga punya, bijinya kebuang, numbuh dan dibiarkan.
    rasanya terlalu manis untuk ukuran saya sih.

  4. Hendra Taruna berkata:

    wah ini salah satu buah favorit saya juga … di rumah berbuah banyak, beberapa jatuh sebelum matang dan beberapa dimakan kelelawar…di pasar di Jawa Timur di daerah saya banyak yang ual, namun buah ini kurang favorit karena buah “rumahan” kami bilang .. maksudnya ditanam di depan rumah aja langsung tumbuh

  5. Dani berkata:

    Kami punya pohonnya di Surabaya Mba Monda dan enak sekali memang rasa yang matang di pohon. Sekali berbuah biasanya dua atau tiga buah sih. Enak tapi aga repot makannya

  6. LJ berkata:

    Owh jadi selai srikaya asalnya dari olahan buah ini ya kak..? aku belum pernah nyicip buah aslinya.
    di sumatera selalu ada penganan sarikayo di tiap perayaan
    makannya bareng lemang atau lepet ketan.. guriihh dan beraroma kayu manis.

  7. nh18 berkata:

    Ya saya juga memanggil buah ini buah Srikaya Kak

    Merasakan langsung belum pernah …
    mesti lewat selai dulu …

    🙂

    salam saya Kak

  8. saidah berkata:

    Walopun katanya enak dan manis tp aku termasuk yg gk suka sama buah ini Bu 😀 gk tau knp yah pdhl yg lain sampe rebutan kalo ada srikaya mateng di pohon

  9. Sofyan berkata:

    Rasa buah “nona” ini manis, Bun, tapi sayang dagingnya tipis, dan bijinya mirip biji sawo, agak besaran dikit. Di rumah Umi buah ini banyak, pas kemarin pulang, alhamdulillah bisa makan lumayan banyak, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s