Rumahku

rumah bagonjong

Rumahku berkata kepadaku,
“jangan kau pergi meninggalkan diriku,
sebab di sini tinggal masa lalumu”
dan jalan berkata kepadaku, “mari, ikuti aku,
sebab aku adalah masa depanmu”
dan kepada rumahku dan jalan
berkata aku, “aku tidak punya masa lalu,
pun masa depan. jika aku tetap tinggal di sini, akan
ada yang pergi,
dan kalau aku pergi, akan ada yang tetap tinggal
hanyalah cinta dan kematian mengubah segalanya

hanya bayanganmu yang nampak belaka,
bila kaubalikkan punggungmu ke arah sang surya

pabila kau ungkapkan rahasiamu kepada angin,
jangan menyalahkan angin karena mengungkapkannya
kepada pepohonan

(Kahlil Gibran)

17 thoughts on “Rumahku

  1. chris13jkt berkata:

    Rumah kakek/nenek selalu membawa kenangan tersendiri. Pernah ketika ada rencana orang tuaku untuk menjual rumahnya karena ingin berkumpul dengan anak cucunya, yang paling menentang justru anak-anakku.

  2. mama-nya Kinan berkata:

    HMm bener banget….kemanapun pergi kita rumah selalu tempat kembali kita..ingin merasakan kehangatan….ketenangan…dari hingar bingarnya dunia diluar sana….

  3. Bibi Titi Teliti berkata:

    mba Mondaaaaaa…
    maapkanlah baru mampir lagi yah…yah..yah…hihihi…

    Akh…puisinya indah mbaaa…

    kalo ngomongin rumah,…
    walopun udah punya rumah sendiri juga,
    tapi selalu merasa bahwa rumah itu berarti rumah nenek ku lho mba…

    Mungkin karena pas bayi dan masa kecil dihabiskan disono kali yah…
    jadi banyak memori nya…

  4. prih berkata:

    Engku Kahlil Gibran menulis puisi dari rumah gadang ini ya mbak. …. Lintas budaya yang tetap berpadu apik nih mbak Monda. Salam

    • monda berkata:

      aah..mbak…terima kasih ya…, biasalah cari2 gambar dipas2in aja he..he…
      tapi memang aku suka puisi ini ..mengingatkan pindahan rumah berkali2..

    • monda berkata:

      oh nggak pindah rumah,
      cuma rumah masa kecilku itu banyak, karena alm papa itu pindah dinas terus
      kalau lagi mellow suka pengen lihat rumah2itu

  5. LJ berkata:

    hmm, puisi khalil gibran berpadu dengan rumah gadang… pas banget.

    kak, ini foto diambil di sungai batang kah..? #tebakberhadiah😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s