Timbul Bukan Sukun

Pernah ada yang bertanya, untuk apa blog isinya tentang pohon dan buah, he..he…. Bagiku sih penting, supaya tahu tanaman yang berguna atau yang merugikan dan beracun.

Pohon berdaun unik ini kusangka sukun. Dari dulu aku suka bentuk daunnya yang unik, besar lebar dan runcing, ditambah lagi sukun goreng salah satu cemilan yang kusuka. Terkesan juga dengan kisah klasik Robinson Crusoe karya Daniel Defoe. Robinson Crusoe terdampar di pulau terpencil dan tak sengaja menemukan buah sukun yang rasanya mirip roti. Ia menamakan sukun buah roti, breadfruit.

Pohon yang besar dan tinggi ini ada di halaman sekolah anak-anakku. Suatu hari di awal April lalu, oom abang bawa biji buah dari sekolah untuk ditanam sebagai pohon peneduh di rumah. Bibi prt bilang itu biji timbul. Karena merasa tak tahu nama buah timbul kutegaskan pada suami asal pohonnya. Ternyata kami berdua tertarik pada pohon yang sama, itu pohon timbul bukan sukun.

IMG_0714

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae / Magnoliopsida
Bangsa/Ordo: Urticales
Suku/Famili: Moraceae
Marga/Genus: Artocarpus
Jenis/Spesies: Artocarpus altilisis / Artocarpus incise (Park.) Fsb.

Timbul disebut juga kluwih. Buahnya mirip nangka tetapi daunnya mirip sukun. Kluwih dimakan sebagai sayuran tak dimakan begitu saja seperti nangka, sukun atau cempedak. Perbedaan kluwih dan sukun yaitu pada biji. Sukun tidak berbiji. Kabarnya kluwih itu adalah nenek moyangnya sukun. Nama ilmiah buah-buahan ini mirip, artinya termasuk dalam satu keluarga nangka-nangkaan
Nangka ( Artocarpus integra), Kluwih (Artocarpus incise), Sukun (Artocarpus altilis)

Pohon sukun pernah dicanangkan sebagai pohon prioritas oleh ibu Ani Yudhoyono dalam program Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon pada 2008. Sukun dan kelapa hibrida sebagai pohon prioritas karena untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Buah sukun mengandung karbohidrat tinggi.

Foto ini anakan timbul atau kluwih yang berumur 2 bulan (dibibitkan dari biji tanggal 5 April 2013)

.

20130526-060512 AM.jpg

21 thoughts on “Timbul Bukan Sukun

  1. niee berkata:

    aku juga suka sukun goreng bun, hehehe..

    kalau lihat pohonnya emang unik yak, bisa dijadikan tanaman hiasan juga di depan rumah😀

  2. edratna berkata:

    Kluwih enak dibuat sayur lodeh…kalau sukun enak digoreng dan dimakan hangat-hangat. Sukun juga bisa dikukus, makan nya pakai parutan kelapa muda, diberi garam sedikit…wahh jadi pengiiin

  3. saidah berkata:

    Sering dengar kluwih ini suka dibikin sayur tp belom pernah liat bentuk aslinya didepan mata ky apa Bu🙂 tp beneran tuh daunnya mirip daun sukun ya

  4. prih berkata:

    Kami lebih mengenalnya dengan kluwih ternyata punya nama lain yg juga keren timbul. Kluwih biasa di sayur lodeh, plus sambal trasi dan ikan asin layur goreng, nikmatnya. Salam

  5. Imelda berkata:

    Kluwih lain sama kluwek ya? hihihi pertanyaan bodoh ya😉
    Aku suka banget sukun. Tapi kluwih sepertinya sih belum pernah makan. Ingin juga coba satu kali.

  6. nyonyasepatu berkata:

    Mba Mon, dulu pas di sby didepan kmr aku ada pohon sukun, tp entah gimana sejak pindah aku selalu liat yg aneh2. Katanya dari pohon itu. Akhirnya dipotong deh, gegara frekuensi liat2nyamakin sering hiks

  7. nh18 berkata:

    Kluwih itu enak di sayur pakai santan … kayak lodeh

    Sukun itu … enaknya di goreng … makannya disuwir-suwir ,,, (maklum gigi sensitip)(hahaa bilang aja rentan copot)

    Salam saya Kak

  8. Mechta berkata:

    oo..nama lainnya Timbul ya mbak.. kami menyebutnya Kluwih… enak disayur seperti nangka muda / gori… aku juga sering keliru antara pohon kluwih dengan pohon sukun mbak🙂

  9. septarius berkata:

    ..
    timbul..? bukanya itu nama pelawak ya..? hehe..
    kalau pohon kluwih Tahu sih, meski sudah jarang ada..

    salam hangat dari jogja..
    -AtA-
    ..

  10. LJ berkata:

    berkat MS dan bu Prih, LJ sekarang juga suka nulis tentang tumbuhan meskipun baru sedikit.😛

    sukun dan kluwih termasuk jarang terdapat di bukik.. aku pertama kali mengenal buah sukun justru di bandung.. yang banyak di sini adalah nangka biasa, cempedak pun jarang ada.

    itu daun kluwih lebar banget, dan pertumbuhannya termasuk cepat ya kak.

  11. Evi berkata:

    Kalau gak dari sini, buah yg bentuknya mirip sukun tapi durinya lebih panjang, dulu aku pikir juga sukun, Mbak Monda..Thanks telah mencerahkan aku🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s