Sari Jeruk Sejuk Segar

Bekernalan dengan blog yang punya url  sari jeruk ini belum lama, baru sejak setahun lalu. Tepatnya 18 Juni setelah komentar pertamanya di blog Kisahku. Tetapi sebetulnya aku sudah menduga dia biasa menulis, karena pernah melihat notes (yang hanya ada beberapa) di akun FBnya. Ya, kami lebih dulu berhubungan di FB daripada blog. Bahkan sebetulnya lebih lama lagi. Nama aslinya Junita Sari Siregar, “rings a bell to you?” He..he.. kakak adik sepupu ini janjian berhadapan saling mereview.

sari jeruk family

Kok milih review blog saudara sendiri ? Karena memang relatif baru kenal blognya, dan belum sempat kubaca posting-posting lamanya sehingga sekalian saja review sambil aduk-aduk. Setelah sekian lama tak bertemu, satunya ke kiri yang lainnya ke kanan, ternyata dua saudara punya minat sama tentang menulis, jalan-jalan, kuliner dan fotografi, (memang ya darah itu lebih kental dari air) tentu dengan tingkat kemahiran yang berbeda, yang lebih mahir tentu yang berusia lebih   muda. Sari jeruk aktif sebagai pejalan backpacker dan jago masak. Foto-foto yang dihasilkannya sungguh cantik dan artistik. Seperti sari jeruk yang menyegarkan di kala hari panas, begitulah juga perasaan segar melihat foto-foto menawan ketika membuka blog ” A Housewife’s Day Out”  (kusingkat AHDO saja ya ). Kurasa dia pilih nama url sari jeruk ini dari potongan namanya dan kesukaannya dengan dunia masak memasak, he… he… kita tunggu konfirmasinya.

Sarijeruk

Kami mulai menulis di tahun yang sama dengan sohibul kontes, sejak 2009. Tulisan pertamanya terbit 18 november dengan judul It’s all just a beginning. Awal mula ngeblog dia menulis dalam bahasa Inggris, lalu setahun kemudian berubah ke bahasa Indonesia. Sampai saat ini jumlah tulisan yang diterbitkan sebanyak 126 buah. Paling produktif tahun 2012 dengan 58 tulisan. Jumlah tulisan yang masih sedikit sekali untuk waktu 4 tahun. Mungkin hal ini disebabkan kesibukannya sebagai ibu rumah tangga yang juga bekerja di luar rumah. Tetapi, walau tulisannya masih sedikit AHDO  terpilih sebagai pemenang kedua Gold Award ISBA periode 3 – November 2012 – Januari 2013.

Blog ini memakai tema Simple Template dari blogspot. Tampilannya sederhana dengan latar belakang putih, minimalis, jenis template yang kusukai juga, sesuailah dengan si empunya blog yang tak suka girlie things. Konten blog ini aneka rupa, tetapi dominan berisi tulisan tentang perjalanan, fotografi dan resep masakan. Sayangnya artikel tak dikelompokkan dalam kategori sehingga menyulitkan pembaca yang ingin mencari artikel tertentu dan harus scroll arsip satu persatu. Dan kesulitan pencarian pun bertambah karena widget “search” nya saja susah dicari, ada di bagian terbawah sidebar. Saranku sebaiknya widget ini dipindahkan ke atas. Widget arsip lebih baik kalau dibuat dengan tipe scroll down agar terlihat rapi.

Page rank blog ini sudah mencapai 1/10 dengan google page rank checker, menunjukkan trafik blog ini cukup bagus. Untuk lebih meningkatkan kunjungan cara yang dilakukan sudah cukup baik yaitu promosi di media sosial.  Selain itu tentu harus sering blogwalking.

Loading time sebuah blog ternyata juga harus jadi perhatian, ini kupelajari ketika dulu Kisahku pernah direview pak de. Loadtime blog AHDO ini 4,39s, agak lebih lambat dari blogku sendiri Kisahku  yang  punya nilai 2,70 s. Mungkin ini berkaitan dengan jumlah widget di sidebar. Banner dan widget bisa dikurangi. Hal ini terbukti ketika kulakukan pemangkasan widget dan  banner untuk blogku yang lain yaitu Berbagi Kisahku yang semula 60,3 s (sangat kaget tahu BK lambat seperti siput) setelah diperbaiki loadingtime berubah menjadi 2,77s. Tes kecepatan ini kulakukan dengan Pingdom Tools.

analisa

Selain halaman utama AHDO punya 3 halaman lain yaitu My Wishlist (berisi target dan keinginannya di masa depan), Sekapur Sirih yang menjelaskan tentang si pemilik blog dengan cukup jelas , dan My Photos yang menghubungkan kita dengan koleksi foto cantiknya. Bahasa yang dipakainya lancar dan gampang dimengerti, susunan kalimatnya pun apik.

Tulisan mengenai obyek wisata, tentu saja jadi favoritku, apalagi baru saja terbit  tulisan tentang kompleks  Angkor yang jadi salah satu obyek impianku. Tulisan lain yang menimbulkan kesan ada dua. Tulisan yang pernah agak mengguncangku ketika dia mengalami gangguan di dunia maya, (“Well I was being hacked. I am not mad, but I will get even”) akun twitternya diserobot orang lain sehingga berimbas menguras rekening paypal. Untuk pencegahan SJ berpesan supaya jangan lupa log out ketika akan meninggalkan akun, peringatan keras buat aku nih yang suka lalai. Tulisan kedua yaitu mengenai kamera, Motret Pake Kamera Saku, Siapa Takut . Aku yang sedang ingin sekali punya kamera digital keren , sedangkan SJ yang sudah punya kamera bagus malah mepertimbangkan kembali ke kamera saku yang juga bisa menghasilkan foto-foto tak kalah indah asalkan tahu caranya. Jadi bingung kan, aku harus pilih yang mana ?

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

57 thoughts on “Sari Jeruk Sejuk Segar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s