Takhyul Tentang Kucing

Ide tulisan ini dari cerita bunda Yati tentang karuhun. Gara-gara blogwalking ke tempat bunda jadi teringat kejadian yang sudah lama sekali, berkaitan dengan takhyul tentang kucing.

Kejadiannya di sekitar kompleks perumahanku. Aku memarkirkan mobil di depan toko buku. Pelan saja, karena kalau parkir mana bisa sih dengan kecepatan tinggi.

Tiba-tiba terdengar teriakan beberapa orang lalu menyuruhku mundur. Aku pun mundur lalu memasang rem tangan dan turun untuk melihat apa yang membuat orang berteriak. Ternyata ada anak kucing yang tertabrak dan tergeletak di bawah roda mobilku. Aku mengucap minta ampun dalam hati. Aku tak sengaja. Entah anak kucing itu datang dari mana dan kapan aku tak tahu, tak terlihat sama sekali sebelumnya. Anak kucing itu sendirian, tak ada induknya. Mungkin anak kucing yang terpisah atau dibuang orang.

Orang-orang menyuruhku membawa mayat kucing itu. Salah seorang pemuda penjaga parkir liar berkata :

“Harusnya ibu bungkus kucingnya pakai baju ibu yang dipakai sekarang. Nyawa kucing itu sama dengan nyawa kita manusia bu. Kalau nggak bisa-bisa ibu celaka juga.”

Aku lantas emosi.

“Bang, orang beragama nggak boleh percaya sama begituan. Masa manusia disamakan dengan hewan. Mana ada kucing mati bisa bikin celaka. Harus percaya Tuhan dong”

Mereka terdiam. Lalu ada seorang bapak yang memberikan kantong plastik dan membungkus kucing itu. Bungkusan itu kubawa pulang lalu menguburnya di sekitar rumah.

Takhyul tentang menabrak kucing memang banyak beredar, apalagi takhyul tentang kucing hitam. Kalau ada kucing hitam lewat banyak orang yang takut. Aku pun tak tahu ada cerita apa tentang kucing hitam. Ada juga yang bilang kucing punya tujuh nyawa, tak gampang mati. Entah dari mana muasal ceritanya.

36 thoughts on “Takhyul Tentang Kucing

  1. ded berkata:

    Mungkin karena menurut cerita dalam agama kita, kucing itu kesayang rasulullah.
    Tapi dibesar-besarkan, kalau memang ga sengaja kan bukan dosa. Tapi tetap kita minta ampun kepada Allah SWT

  2. dapukata45 berkata:

    Wah, saya termasuk orang yang suka sekali dengan kucing, tapi saya nggak percaya dengan hal-hal yang seperti itu. Saya malah pernah pas lagi naik motor tiba-tiba ada kucing lewat. Tapi alhamdulillah, perjalanan saya aman-aman aja tuh. Hheee…

    Tapi itu kucing kecil yang terlindasnya kasiaaaan, hiks! T.T

  3. didon berkata:

    kalau saya sih percaya gak percaya bu, kalau kata nenek saya sih kalau kucing mati ketabrak orang yang nabrak harus mengkafani kucing itu lalu di kubur, kalau gak gitu orang yang nabrak harus ngasih uang ke orang lain yang mau ngurus kucing yang mati itu..

    minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin ya bu🙂

  4. Hanster berkata:

    Saya juga sering mendengar hal begituan.. Padahal tidak pernah dengar tuh dipelajaran agama, dan tidak ada juga ustad yg mengajarkan seperti itu. Tidak ada juga hadisnya, jadi ya tidak apa-apa. Namun sebaiknya memang kita langsung memohon ampun kepada Allah..

  5. h0tchocolate berkata:

    mungkin karena tubuh mereka lentur, kalau jatuh nggak mati-mati, makanya jadi muncul tahayul kalau kucing punya 7 atau 9 nyawa.. tapi saya nggak percaya tahayul😀

  6. wi3nd berkata:

    ha ha..masa pake baju bu monda? trus ibu pake baju apa?

    aduuh aya aya wae si abang itu,,,,

    mitos tentang kucing banyak sekali ya, lah kucing item saban hari nongkrong diteras rumah bun,entah kucing siapa🙂

  7. danirachmat berkata:

    Iya Mba Monda, kadang orang suka terlalu berlebihan. Bener sih emang harus menghormati kehidupan setiap makhluk dengan menguburkan mayat kucing itu, tapi kalo sampe jadi penyebab kesialan segala macem itu mah kayak ga ada tuhan aja. Hehehhe,

    • monda berkata:

      tetanggaku malah kemasukan anak kucing di bagian mesin mobilnya
      padahal udah jalan sampai ke pasar, kedengaran bunyi meong, itu kucing nggak luka2 lho

  8. nyonyasepatu berkata:

    kak, aku juga sering denger itu. dulu bokap pernah nabrak kucing, dibungkus ama kaosnya dia hehe. abis anaknya udah nangis jejeritan sih😦 karena takut. waktu kecil kita pelihara kucing banyak banget, jadi apa2 mengenai kucing, dulu suka lebay hahaha

  9. Yeye berkata:

    aku tuh setengah percaya Mba Mon, trs wkt aku hamil, suamiku tanpa sengaja nabrak kucing, aku udah ketakutan bgt, abis org2 blgnya mcm2, slh satunya spt yg dibilang tkg parkir itu. Tp suamiku ga percaya gt2an.

    Alhamdulillah pas aku lahiran ga terjadi apa2, smoga itu hanya mitos belaka🙂

    • monda berkata:

      bener .., banyak banget mitos kl pas ibu lagi hamil ya. ..
      jangan dipikirin aja ntar galau sendiri, itu buktinya nggak ada apa2 kan, kan harus tetap ingat dan percaya
      Allah yang Maha Kuasa atas semua kejadian yg menimpa kita

  10. LJ berkata:

    elaahh, bang.. klo baju MS dipake bungkus kucing.. bukannya malah celaka MS nyetir gak pake baju..😛

    takhyul kayak begitu memang harus dilawan kak.. cukup kita minta ampunan sama Allah jika tjd keteledoran yang sengaja ataupun tidak.

  11. Una berkata:

    Baru tau kalau mitos yang itu bungkus pake baju…
    Kalau yang nyawanya banyak sering denger…
    Yang Bu Mon tabrak berarti nyawanya tinggal 1 tuh ya😀😀

  12. nh18 berkata:

    Saya sering banget mendengar mengenai hal ini …
    dan jujur saja … jika saya sedang berkendara di areal perumahan … dan kebetulan di depan saya ada kucing …

    Saya memilih untuk turun dan menggusah (mengusir kucing itu jauh-jauh) agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan …

    (dan sering kali kucing itu belagu banget … nggak mau pindah-pindah …)(tau kalau dia itu ditakuti oleh sebagian pengendara mobil)
    hahaha

    Salam saya

  13. JNYnita berkata:

    Kucing itu (katanya) nyawanya 9, refleks klo loncat dari ketinggian itu bagus, tapi refleks menghindar dari kendaraan jelek banget, bagusan refleksnya ayam.

    Aku pernah kayak gitu, mobil mundur tapi di belakang ada kucing. Untungnya pake mobil yang ada sensor mundur plus video, mundur jadi lama karena nungguin si kucing pindah, setelah diusirin baru deh pindah.

        • Anonim berkata:

          Klo,emg bsa ngindar y d hndri tp klo gk bsa ya gk usah terlalu gtu jga sih Q sring ngelindes kucing tp gk prcya ma yg kya gtu tu kan cma mitos ajjh mbak

Tinggalkan Balasan

