Fenomena Ritual Bersih Kubur hingga Mayat Berjalan Toraja

My Passion

Siang tadi seorang kawan mendadak memanggil nama saya untuk memberi penjelasan benar tidaknya keterangan yang disebutkan pada sebuah gambar yang diunggah dan menjadi perbincangan di media sosial seharian tadi. Pada gambar tersebut si pengunggah memberi keterangan berikut:

*foto yang anda lihat ini adalah jenazah seorang perempuan (berbaju biru) yang dikondisikan oleh keluarganya untuk berjalan sendiri menuju makamnya, dengan menggunakan mantra tertentu. walau tak lagi kerap dilakukan, tetapi ritual ini terjaga hingga kini.*

Di bawah keterangan itu ditambahkan sebuah tulisan dengan judul yang ditulis  dalam huruf besar RITUAL MAYAT BERJALAN (ALUK TODOLO) TORAJA BARAT, MAMASA.

Sebagai anak Toraja yang lahir dan besar di bumi Lakipadada, Tondok lan Lilikna Lepongan Bulan Gontingna Matarik Allo; gemes juga melihat gambar dan keterangan pada gambar yang tidak sesuai dengan konteksnya. Akhirnya turut meninggalkan komentar pada gambar tersebut,”Hadeeeeeeeeuuuuuuuuuh, ini acara Ma’Nenek alias ritual bersih kubur BUKAN mayat berjalan.”

Lihat pos aslinya 409 kata lagi

15 thoughts on “Fenomena Ritual Bersih Kubur hingga Mayat Berjalan Toraja

  1. Bibi titi Teliti berkata:

    Aku juga pernah lihat beritanya di FB tuh mbaaaa…
    dan agak serem juga sih lihat potonya dan mikir itu beneran mayat berjalan…

    Ternyata bukan yaaaah…ckckck…
    Jangan gampang percaya yah kalo di dunia maya…harus selalu cross cek

  2. Mechta berkata:

    mungkin karena si ibu baju biru kebetulan terlihat kurus dan tampak rapuh ya mbak… ah, memang harus benar2 cek n ricek dulu sebelum ikut2an menyebarkan suatu informasi…

  3. niee berkata:

    ternyata begini ya bun, kemaren sempat percaya ada ritual seperti ini, soalnya kan budaya kita emang kaya. Ternyata memang ada tapi sudah lama ditinggal, dan yang ada di foto bukan seperti itu.

    Namun pembersihan kubur juga budaya yang kuat menurut aku.

  4. delia berkata:

    ternyata begitu ya kak..
    wahhh kenapa banyak yang sok lebay nyebar2 info yang gak benar..
    mudah2an klarifikasi dari mbak olivia ditambah kak monda bisa membuat malu yang re posting tapi asal -asalan🙂
    salam

  5. nh18 berkata:

    jangan asal ikut-ikutan eksis menyebarkan informasi jika tidak memahami dengan jelas duduk perkaranya … (Olive Bendon)

    Saya setuju sekali dengan statement bendon ini …
    sebab … saya lihat banyak yang sotoy memposting bahkan mengomentari hal-hal yang sesungguhnya hanya dia ketahui sebagian … (dan celakanya yang sebagian itu salah pula)

    Plus … nyolong gambar … Addduuhhh … mbok jangan gitu Gan ? … Bro ?

    Salam saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s