Weekly Photo Challenge :Layers

Bunga dari tanaman jenis jahe-jahean (Zingeberaceae) ini terkesan berlapis-lapis, sesuai tantangan WPC minggu ini,
layers.

Tanaman ini punya nama ilmiah Etlingera elatior. Di Indonesia namanya kincung (Sumatera Utara), honje (Jawa Barat),
asam patikala, dan masih banyak nama daerah lainnya. Tunas bunga kincung ini di berbagai daerah di tanah air dipakai sebagai rempah. Di keluarga kami biasa dicampurkan dalam sayur daun ubi tumbuk. Rasanya yang asam membuat masakan terasa segar dan wangi.

20131118-215552.jpg

33 thoughts on “Weekly Photo Challenge :Layers

  1. bintangtimur berkata:

    Mbak Monda, saya suka banget bumbu rujak manis yang dicampurin honje ini. sedangkan suami, paling seneng kalo rebusan sayur buat pecel ditambahkan juga bunga ini…duh, rasanya susah deh buat berhenti makan😉

    • monda berkata:

      mbak..baru tau lho honje enak dibuat rujak..,
      rujak manis yg seperti apa mbak, boleh dong bagi2 resepnya.
      jadi, sering belanja honje mbak..?

  2. Budi Mulyono berkata:

    Asslamualaikum kak,,, lama gak mampir, soalnya susah komen di WP.Com

    Ngomong-ngomong daun ubi tumbuk jadi kangen nie,,, di tambah lagi pake sale linbad tambah maknyosss deh…

  3. LJ berkata:

    bungo kincuang.. enak dimasak pd masakan tertentu krn rasanya yg khas… istilah kincuang juga dipakai untuk menggambarkan taste suatu masakan.. misalnya ada yg nanya, “gmn rasanya udah enak..?” trus klo jawabannya kincuang, itu artinya masakan tsb belum pas di lidah.. xixi aneh ya kak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s