Tumis Kembang Durian dan Matoa

Dua tahun yang lalu baru ngerti ada kuliner daerah bernama tumis kembang durian.  Dari namanya sudah jelas kan bahan dasarnya. Meski ada rasa penasaran dan ingin tahu rasa makanan ini, tapi aku ya nggak cari ke mana-mana, nggak cari ke rumah makan Betawi di sekitar sini.  Orang Betawi sendiri  menyebutnya tumis karuk.

Beberapa tahun lalu ketika berangkat kerja di pagi hari  kami sering menemukan pemandangan yang  menimbulkan rasa ingin tahu. Di  tepi jalan yang kami lewati itu di bawah sebatang pohon durian besar  ada  seorang ibu yang menunduk memunguti  kembang durian yang berguguran di tanah.  Sayangnya sekarang pohon durian besar itu sudah ditebang dan tak ada lagi pemandangan unik itu.Tiba-tiba saja sebulan lalu, seorang teman lama yang  jago masak  kirim  makanan unik ini. Kejutan, tentunya. Di pasar dekat rumahnya ada yang menjual kembang durian.  Kembang durian   ini kubilang  rasanya perpaduan antara jamur tiram dan daging ayam, he..he… nggak bisa kasih deskripsi jelas. Rasanya makin maknyus karena  ada gurihnya udang dan tomat hijau.

Tumis Kembang Durian

Buah matoa  (Pommetia pinnata) akhirnya juga bisa dicicipi, dibawakan oom abang. Matoa  itu flora identitas propinsi papua Barat, tapi kini di Jabotabek  makin sering kulihat pohon ini .  Rasa buah matoa ini mirip lengkeng dan rambutan. Mudah-mudahan beberapa tahun ke depan bisa  makan buah matoa lebih banyak lagi. Pohon matoa yang ditanam di depan rumah setengah tahun lalu sudah  sama tingginya denganku. Bibitnya perolehan dari teman  yang menyemainya dari biji.

buah matoa

58 thoughts on “Tumis Kembang Durian dan Matoa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s