Apalah Arti Sebuah Nama

Apalah arti sebuah nama.

“What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.” Shakespeare.

Setiap calon orang tua pasti mulai sibuk menyiapkan nama bagi buah hati yang akan lahir nanti. Disiapkanlah banyak nama untuk bayi perempuan dan laki-laki, semua nama yang terkumpul dicari artinya, pantas tidak nama itu dipakai oleh anaknya kelak.

Dari manakah inspirasi nama itu?

Calon kakek dan nenek dari kedua belah pihak biasanya juga ikut menyumbangkan nama, demikin juga dengan oom dan tante si calon bayi. Buku-buku nama bayipun mulai dikumpulkan, ada nama ala Arab, Barat, Sansekerta, bahasa daerah dan lain-lain. Semuanya bertujuan agar si bayi kelak mempunyai nama yang bagus karena nama adalah doa dari orang tua. Dahulu banyak anak yang dinamakan dengan Abdul lalu diikuti nama tengah yang diambil dari sifat-sifat Allah SWT, misalnya Abdul Rahim, Abdul Rahman dan lain-lain, tapi belakangan ini nama indah seperti itu mulai berkurang.

Sekarang ada lagi kecendrungan memberi nama dengan nama orang terkenal, bisa nama olahragawan atau artis. Nama mereka diambil bukan hanya satu unsur saja tapi nama lengkap. Beberapa tahun lalu banyak kutemukan nama orang terkenal dalam kunjungan ke suatu sekolah untuk penyuluhan. Dalam satu kelas saja ada beberapa nama orang terkenal.  Sebut saja Rudy Hartono, Emilia Contessa, Farida Aryani.

Setelah booming sinetron di televisi swasta nasional yang banyak diambil adalah nama para bintang sinetron. Aku melakukan survey kecil-kecilan di puskesmasku dengan melihat nama-nama balita yang datang. Ada balita bernama Asmirandah, Tia Ivanka, Teuku Ryan, Teuku Rafly. Tetapi yang paling top adalah nama penabuh drum terkenal, suami dari Shahnaz Haque, yaitu Gilang Ramadan, ada 4 orang balita yang memakai namanya.  Jadi ingin tahu ada tidak ya penyesalan orang tua karena salah pilih nama, mengambil nama orang terkenal yang masih hidup menurutku sangat riskan, bagaimana bila kemudian orang tersebut melakukan kesalahan yang memalukan. Kasihan anaknya nanti dibully.

49 thoughts on “Apalah Arti Sebuah Nama

  1. lieshadie berkata:

    Pengalaman dengan nama bayi, batita, balita sekarang buatku malah puyeng Mbak….pernah jadi panitia Lomba bayi dan balita…nama pesertanya : panjang – panjang dan make hurufnya susah banget #khas ibu muda masa kini lah…

    Jadi mikir tar gurunya repot banget pas nulis di ijasah, lha wong jaman dulu yang namanya simpel2 aja masih banyak yg keliru, repot banget ngurus di kantor P dan K hehehehe

    • monda berkata:

      hi..hi..iya mbak juri,
      nama anak2 sekarang panjang ya,
      repot nanti kalau dia mau isi form ujian nasional yang udah komputerisasi itu, yg pakai pinsil 2B,
      ntar kelamaan bulet2in doang, abis waktunya nggak selesai ngerjain soal …

  2. prih berkata:

    Nama anak sebagai prasasti doa ya mBak
    Lah nama anak tukang kebun padi, jagung, kacang semoga jadi sarana kemakmuran bersama hehe
    salam hangat kami mbak Monda

  3. mama-nya Kinan berkata:

    setuju banget bunda…orang dulu kalo ngasih nama “masyallah” dalam yah bunda..dulu saya pernah merasa nggak PD dengan nama yang dikasih orang tua saya..udahlah amat Jawa terus pendek….seiring berjalannya waktu dan kedewasan berfikir..dan memahami bahwa nama bisa jadi adalah sebuah “do’a ” dan pengharapan dari orangtua..jadinya merasa bangga tfs bunda

  4. Allisa Yustica Krones berkata:

    Kalo aku gak akan pernah mau ngambil nama anak dari nama orang terkenal kak…anak kedua pake nama Ralph bukan gara2 ada orang terkenal yang pke nama itu, tapi semata karena pas denger nama itu kok rasanya seneng aja di hati…hehe…

  5. danirachmat berkata:

    Saya kemaren ga berani ambil nama orang terkenal baik yang masih hidup maupun sudah meninggak mba Monda elhakok ada koruptor ditangkap namanya mirip. T.T.
    InsyaAllah maksud pemberian namanya sih bagus kok.

  6. ysalma berkata:

    Aku waktu SD ada teman namanya Arie Koesmiran, widyawati (anak SD belum tau kalau itu nama artis, jadi belum di ‘godain’) , dan SMP ada yang bernama elvie sukaesih ( wah digodain mulu setiap saat, diminta dangdutan, mana ini teman gak hobi nyanyi,, ), oiya ada Qory aquino,, lengkap deh nama teman2 ku😀.

  7. gerhanacoklat berkata:

    iya juga ya monda aku gak terpikirkanlah kalo ngasi nama orang yang masih idup trus dia bikin kesalahan dan anak kita jadi dibully
    sebenarnya anakku enrico itu aku kasi nama dari nama enrique iglesias karena spell enrique nanti bakal dapat panggilan “kue” jadilah anakku kukasi nama enrico
    dan alhamdulillah enrico yang dikenal orang cuma pemain bola aja yang namanya enrico chiesa pemain bola dari italy😀

    • monda berkata:

      aku kepikiran ponakan nih Jul..
      namanya sebenarnya bagus nama pahlawan Islam tapi sm teman2nya diplesetin ke bahasa Indonesia dia jadi sebel sama namanya

  8. nh18 berkata:

    Iya kak …
    Kasihan …
    Gara-gara ego si Orang tua … anak jadi korban …

    salam saya Kak
    (17/2 : 14)

    (eh ada si Saus kecap …)(itu Ari nya Ira kan ?)

  9. ibuseno berkata:

    sama deh, aku juga sbtulnya gak suka dengan nama yg sdh dipakai orang terkenal, tp apa boleh buat, suamiku ngefans banget sama orang itu,. bolehlah untuk anak pertama, anak berikutnya harus nama kreasi sendiri

  10. sunflo berkata:

    hehehe…yg jelas, nama tuh doa ortu tuk anaknya… maka hendaknya pilih nama yang mengandung doa n harapan yg baik…^^

  11. yani berkata:

    menggelikan sekaligus memprihatinkan mba.. nama anak kan merupakan doa, kalo mendoakan anaknya menjadi artis, waduh..salah kaprah. ini terlihat betapa rapuh pemikiran masyarakat kita ya.. aku sedih deh😦

  12. edratna berkata:

    Nama pemberian orangtua berarti doa….biasanya memang menunjukkan keinginan dan harapan orangtua, atau tokoh yang dikagumi.

    Tapi bisa juga dia meniru plek nama orang lain yang dikenalnya

    • monda berkata:

      bu, makasih ya sekalinya datang semua posting dikomentari, senang sekali,
      jadi malu, kalo ke tempat ibu nggak semua kukasih komen, krn kalo ttg ekonomi nggak ngerti pol bu

  13. wigati berkata:

    hahaha…baca postingnya aja saya sudah ketawa, pake baca komen mbak monda, makin ketawa saya..ya, moga anak2 ini nurun sifat positifnya si artis aja ya mbak🙂

    • monda berkata:

      iya mbak, bolehlah ambil nama orang top asal jangan persis banget ya,

      oh ya kemarin rafi ahmad datang digendong bundanya berobat, batuk pilek he..he..,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s