Oleh-oleh Khas Bengkulu – Kue Bay Tat

Bawa oleh-oleh untuk orang-orang tersayang sudah jadi kebiasaan kita kalau pergi ke lain tempat. Sepertinya itu sudah jadi ciri khas orang Indonesia banget ya, makanya kalau ada kesempatan keluar kota atau keluar daerah tak afdol rasanya jika tak mampir ke toko oleh-oleh.

Apa sih yang sering teman belikan untuk buah tangan? Biasanya aku membeli makanan khas setempat atau hasil kerajinan tangan.

Jika ke Bengkulu ada makanan setempat yang bisa dijadikan oleh-oleh misalnya emping melinjo, kue perut punai, kue satu (kue sagu kacang hijau) dan kue khas Bengkulu kue Bay Tat. Kue Bay Tat ternyata sangat disuka si bungsu. Rasa manis selai nanasnya sedang dan kulitnya lembut.

Kue Bay Tat ini mirip dengan pie, tetapi agak lembek tak serenyah pie, dengan isian selai nanas. Aku belum pernah buat sendiri tetapi bahan-bahan yang dipakai untuk kulit katanya dari telur, mentega, santan dan terigu, dan isiannya selai nanas. Yang unik penamaan kue ini bisa berbeda sesuai ukuran kue. Kue Bay Tat itu nama untuk kue tat yang berukuran besar seperti di foto ini, bay itu berarti induk. Kue yang berukuran kecil kira-kira seukuran cupcake dinamakan Anak Tat.

Anda sudah pernah dioleh-olehi kue Bay Tat?

20140218-165938.jpg

20140218-170001.jpg</

47 thoughts on “Oleh-oleh Khas Bengkulu – Kue Bay Tat

  1. Lyliana Thia berkata:

    waaah aku belum pernah makan kue tat ini bun…unik yah… penamaanyaa… iya aku jg sering bawa oleh2 makanan utk orang dirumah… kayaknya yg anak tat itu cocok utk vania deh.. hehehe

  2. Yeye berkata:

    Br pernah dgr aku dan br pernah liat wujud nya itu kue hehehe
    Nanti klo ada tmn yg ke bengkulu nitip ah hehehe

    Btw Mba Mon, aku email kmrn, msk ga yah?

  3. Rahmat_98 berkata:

    Rasanya kurang afdol kalau habis pergi jauh terus pulang tidak membawa oleh-oleh😀
    Kalau ada di dekat rumah boleh nich, belum pernah nyicipin rasanya kaya gimana…

  4. Dani berkata:

    Waaaaah, akhirnya mba Irma komen lagi. Lamaaa banget ga denger kabar dari mba Irma, btw membayangkan kuenya kok sudah ngiler Mba. Belom pernah dapet kue dari bengkulu, hihihi.

  5. bintangtimur berkata:

    Mbak Mindaaa…saya baru denger nama kue ini sekarang, unik ya, dikirain ini oleh-oleh dari Thailand🙂
    Ahaaaa, trima kasih infonya, kapan-kapan kalo ke Bengkulu, saya mau nyari makanan ini ah, rasa-rasanya saya juga bakalan suka deh kayak si bungsu mbak Monda…Bay tat dan Anak Tat, pasti semuanya enak, pengeeeeen!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s