Tips Sebelum Memasukkan Mobil ke Bengkel Asuransi

Aku punya pengalaman buruk dengan bengkel asuransi mobil. Sebagai pemilik  kendaraan bermotor sendiri umumnya punya juga asuransi khusus kendaraan. Tiap perusahaan asuransi itu  punya opsi dan syarat tertentu yang harus kita teliti. Jangan sampai salah memilih  dan membeli kucing dalam karung. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.


Punya mobil yang dipakai setiap hari di jalanan umum sebagian besar pernah mengalami masalah yang mencacati mobil kesayangan. Entah karena kelalaian sendiri atau pun bersenggolan dengan mobil lain.

Solusinya?  Masukkan kendaraan ke bengkel asuransi. Pengajuan klaim standarlah ya, isi formulir, kemudian petugas akan memeriksa dan menandai perbaikan yang akan dilakukan.  Persoalan pendaftaran beres maka mobil akan ditinggal di bengkel.  Saat inilah kita harus memeriksa kondisi fisik mobil juga.

Apa yang harus dilakukan?

Periksa isi mobil.  Kosongkan. Bereskan jangan ada barang-barang berharga yang tertinggal, buku kendaraan, CD, uang dll. Catat kilometer terakhir,  difoto lebih baik.

Nah, sewaktu mobil  dimasukkan bengkel asuransi itu  kami mendapatkan mobil pengganti. Tapi ada beberapa teman yang melihat mobil kami itu diparkir di tempat tertentu.

Betul saja. Setelah mobil selesai dikerjakan dan lihat kilometer ternyata ada pemakaian tidak wajar. Ada penambahan kilometer yang besar selayaknya dipakai keluar  kota. Selain itu  di mobil ada sisa-sisa puntung rokok. Padahal sebelumnya tak seorang pun diperkenankan merokok dalam mobil.

Tentu saja protes dong. Awalnya protes  tak diterima, tetapi setelah ngototo dan  bertemu dengan bos besar dan negosiasi barulah bos  besarnya sendiri yang minta maaf dan memberikan kompensasi berupa polishing kendaraan.

Iklan

32 thoughts on “Tips Sebelum Memasukkan Mobil ke Bengkel Asuransi

  1. pursuingmydreams berkata:

    Pekerja bengkelnya kurang ajar banget tuh.
    Nah waktu catat KM kita kasih tau ke bengkel jzga atau hanya catatan pribadi saja kak?. Bener juga ya di potret jd ada bukti lebih akurat 😉 .

  2. Pendar Bintang berkata:

    Wah, ngeri juga ya Bunda kalau gitu…harus kita tandai dan wanti-wanti tuh…tapi untung suami cerewet….tp smeoga gak ada urusan deh ama bengkel meski pun diasuransiin.

  3. SITI FATIMAH AHMAD berkata:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda….

    Pasti hati jadi marah dan tidak senang kerana ada yang ambil kesempatan menggunakan mobil kita tanpa izin. Pengalaman mbak Monda sangat berharga buat saya untuk dijadikan sempadan.

    Alhamdulillah, setakat ini saya belum pernah melakukan urusan pembaikan atas mobil saya mbak. Harap tidak akan berlaku sesuatu yang tidak baik. Jenuh memikirkan kesukarannya jika berlaku kerosakan. Terima kasih atas tips yang sangat mencerahkan. Semoga tidak berulang lagi.

    Salam manis selalu mbak, dari Sarikei, Sarawak. 😀

    • MS berkata:

      wa alaikum salam,

      iya kak semoga pengalamanku ini bisa berguna buat teman2 semuanya

      salam manis kembali dikirimkan ke Sarikei

  4. myra anastasia berkata:

    saya selalu mengosongkan isi mobil kalau ke bengkel, Mbak. Bahkan sekedar cuci mobil di bengkel. Tp, gak pernah terpikir untuk mencatat kilometer. Terima kasih untuk sarannya, Mbak

  5. Putri berkata:

    kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, saya punya banyak vcd pembelajar untuk anak2, barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

  6. Beby Rischka berkata:

    Nyebelin banget ya, Kak. Kalo bapak ku yang ngalamin mungkin uda dibawain parang. Heheh.. Masalahnya kan itu mobil dibeli dengan duit ya, yang ngga gampang buat ngumpulinnya. Kalo sekiranya terjadi apa-apa kan kita juga yang rugi. Lagian niatnya buat perbaikin eh malah dipake tanpa izin..

    Btw, suka tema barunya, Kak e 🙂

  7. Batavusqu berkata:

    Salam Takzim
    Terima kasih bund. tips nya kebetulan sebentar lagi mau servis mobil karena banyak titik yang harus diperbaiki
    Salam Takzim Batavusqu

  8. ysalma berkata:

    Sangat bermanfaat tipsnya nih Kak,
    ga bakal ada yang terpikir untuk memperhatikan Km,
    bengkelnya ga profesional yg dipakai buat kerjasama klaim ya.

  9. Yeye berkata:

    Waduh, ngeri banget mbaaa…
    Aku pernah klaim wkt itu, tp ga aku perhatiin sih KM nya.. Ada info ini buat pembelajaran aku jg nih nantinya.

    Makasih infonya Mba 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s