Azalea

20140503-205528.jpg Pertama kali tahu nama bunga Azalea itu dari kartu pos. Saat masih SD aku pernah dibawakan kartu pos cantik dari Italia. Kartu pos itu bergambar taman bunga indah dengan sekelompok tanaman semak yang tinggi dengan bunga merah jambu yang lebat. Itulah Azalea. Aku terpesona pada bentuk dan warna bunganya yang menawan. Bertahun-tahun kemudian almarhum papaku sepulang dari Puncak membawa 2 pot bunga Azalea. Nggak nyangka banget Azalea ada di Indonesia. Pot Azalea berbunga merah jambu ini ditaruh di halaman belakang di bawah naungan. Bunganya bertahan cukup lama di udara panas Jakarta. Tetapi setelah bunga ini layu tak kunjung keluar bunga lagi meskipun pohonnya masih terus menumbuhkan daun baru. Makanya ketika melihat ada Azalea berbunga di Garut aku jadi antusias. Ingin sekali membelinya dan bawa pulang ke rumah. Tapi kali ini aku mau cari informasi dulu daripada terjadi seperti yang dulu itu. Azalea adalah tanaman semak dan bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini asalnya dari negeri-negeri berhawa dingin di Asia, Amerika dan Australia. Azalea termasuk keluarga Rhododendron dan bisa menyerap karbondioksida. Bentuk bunganya unik dengan mahkota bunga lebar dan benang sari cukup besar keluar dari tengah mahkota. Azalea ini warnanya variatif tapi aku terpikat pada warna seperti di atas, pink pekat. Kombinasi yang sangat sempurna di mataku. Cara perkembang-biakannya lebih efektif dengan stek batang dan ditanam di tempat yang terkena matahari pagi. Bila ditanam di tanah Azalea bisa tumbuh tinggi. Namun yang membatalkan niat untuk membawanya pulang adalah Azalea hanya beradaptasi pada daerah dataran tinggi. Jadi di dataran rendah seperti Jabotabek tak bisa bertanam Azalea, atau mungkin sudah ada yang bisa tetapi dengan perlakuan khusus. Batal deh rencana bawa pulang Azalea, harus cukup puas dengan melihat fotonya saja. Posting ini dicocok-cocokkan dengan tema Spring dari Dailypost.

40 thoughts on “Azalea

  1. dey berkata:

    Orang asli sini menyebut bunga ini “Saliyah”, banyak jenis bunganya Mbak. Ada yang mahkota bunganya bertumpuk, sekilas mirip mawar. Warnanya juga macam2. Yuk ke Parongpong, jalan2 sekitar desa Cihideung, banyak pilihan bunga ini.

    • MS berkata:

      iih..senangnya di Parongpong banyak..
      di rumah ibu ada juga?

      Azalea dilidah kita jadi Saliyah ya…kreatif dehh…

  2. bangkoor berkata:

    Azalea, pengen namain anak aku nanti dengan nama bunga ini🙂
    Makasih share-nya kak Monda

    Btw, serius itu azalea bisa ditanam di indonesia?

  3. prih berkata:

    Terpikat dengan kecantikan Azalea bunga gunung ya mBak. Untuk daerah mBak Monda yook coba dari dari seputar Jkt, rasanya ada hibridanya yang dirancang untuk daerah panas. Salam

  4. Zizy Damanik berkata:

    Begitulah Kak. Bunga yang cantik-cantik itu kebanyakan tak bisa ditanam di tempat panas… jadi cukup dinikmati saja kalau berkunjung ke habitatnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s