Hari Museum Internasional

Setiap tanggal18 Mei, sejak 1977,  diperingati sebagai Hari Museum Internasional. Di blog ini  banyak cerita mengenai kunjunganku ke Museum. Jadi, bisa dibilang cukup sering kudatangai museum yang ada di kota Jakarta ini. Tak cukup sekali, bahkan bisa  berulang-ulang  kukunjungi sebuah museum. Karena seringkali museum dipakai sebagai tempat mengadakan pameran  oleh berbagai pihak. Misalnya yang sering kudatangi untuk lihat pameran itu Museum Nasional dan Museum Tekstil.

Museum itu selain menempati gedung berasitektur indah juga menampilkan benda-benda bersejarah yang cantik. Meskipun benda-benda itu tua kadang sudah ada bagian yang rusak tetapi tetap menunjukkan kecantikannya. Museum dengan kesenyapan dan kesunyiannya membawa suasana syahdu,  dan menenangkan hati.

Museum Wayang

Museum Wayang Jakarta

 

Museum yang pertama kali kukunjungi yaitu Museum Geologi Bandung. Almarhum papa yang merupakan  alumni fakultas geologi yang mengajak kami ke tempat ini.  Saat itu  aku masih di SD dan sangat takjub melihat fosil binatang purba. Setelah itu barulah diajak ke Museum Nasional Jakarta,  melihat koleksi arca dan keramik kuno. Saat tinggal di Kalimantan Timur  pernah juga diajak ke Museum Mulawarman di Tenggarong. Sejak itu makin bertambah jumlah museum yang kudatangi, baik datang sendiri maupun bersama keluargaku. Museum di Jakarta yang jumlahnya sampai 47 buah itu sebagian besar sudah kudatangi.  Demikian juga  saat bepergian, tujuan utama adalah museum. Pokoknya kalau pergi ke suatu kota, harus juga datang ke museum di wilayah itu.

Ini beberapa museum yang telah pernah  kudatangi. Ke Jogjakarta jangan lupa ya mampir ke Museum Ullen Sentalu yang sangat indah, juga ke Museum Vredeburg, Museum Kereta Keraton, dan Museum Affandi. Ke Bali aku mampir ke Museum Antonio Blanco. Ke Jawa Tengah mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa. Kunjungan ke Sumatera juga tak lupa mampir ke Museum Bung Hatta, Museum Goedang Ransoem,Museum Negeri Bandar Lampung, dll. Bahkan ke luar negeri juga harus datang ke musem.

diorama museum sumpah pemuda

Museum di dalam negri kini semakin mempercantik diri. Museum milik negara dan milik swasta sama-sama berjuang mengadakan berbagai acara dan cara untuk menarik minat pengunjung. Setelah beberapa tahun tak melihat  Museum Kebangkitan Nasional cukup senang melihat perubahannya saat berkunjung ke sana bulan Maret lalu. Bagian depan museum dan keseluruhan bangunan tak berubah. Perubahan bisa dilihat pada ruang pamer. Ruang pamer yang tadinya terbuka kini tertutup pintu kaca dan berpengatur ruangan dengan bagian display yang tampil lebih moder,

 

Museum Kebangkitan Nasional

20140518-161803.jpg

Bagian dalam bangunan masih tetap hijau dan semakin asri dengan lapangan rumput dan pohon-pohon besar  yang meneduhkan.

Museum Kebangkitan Nasional

22 thoughts on “Hari Museum Internasional

  1. prih berkata:

    Ooh 18 Mei hari museum internasional…kebetulan 18 Mei 2014 kemarin saya mengunjungi Museum Majapahit di Trowulan, Mojokerto.
    Salam

  2. mama-nya Kinan berkata:

    bunda monda ini kayaknya menularkan hobby positif kesaya..seperti yang saya lakukan di give away dirumah bunda monda itu..review tempat bersejarah dan museum…wah ada peringatannya juga yah bun…hari museum internationl tanggal 18 may..tfs bun🙂

  3. zilko berkata:

    Disini kadang ada museum night dimana masuk museumnya gratis. Kalau pas museum night rame banget deh itu museum-museumnya (ya iyalah kan gratisan, huahaha😆 ).

  4. Evi berkata:

    Seru kalau membaca ratu pengunjung museum bercerita. Museum pertama yang aku kunjungi ya di Bukittinggi, yang di dalam kebun binatang. Alah lupa namanya🙂

  5. tqrb berkata:

    wah saya malah baru tahu kak kalau ada hari museum juga, pengetahuan baru nih. makasih ya sudah berbagi informasi yang menarik😉

  6. Pursuingmydreams berkata:

    Wah aku baru tahu ternyata ada “hari museum” 😀 . Aku juga senang berkunjung ke museum, banyak ilmu yg bisa kudapat disana. Oh ya kak apakah pas hari museum pengunjung gratis masuk? .

  7. icha berkata:

    wah aku baru tau kak ada hari museum internasional, hheehee.. tapi setelah beberapa kali aku ke beberapa museum, aku mulai tertarik buat berkunjung ke museum-museum kak, ternyata banyak ilmu *informasi sih maskudnya* yang bisa didapat yaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s