Kondangan dan Menemukan Restoran Tapanuli Selatan

IMG_1899

Akhir minggu kemarin ada dua undangan pernikahan yang harus dihadiri, satu dari tetangga dan yang satunya lagi undangan pernikahan putri dari salah seorang teman kantor. Yang unik di undangan tetangga.  Pernikahan ini adalah pernikahan kedua bagi kedua pasangan  itu. Masing-masing mempelai sudah mempunyai anak dari perkawinan sebelumnya.  Dan anak-anak inilah yang mendampingi kedua orang tuanya di pelaminan. Di undangannya pun  disebutkan antara ayahanda dari si A,B,C dan ibunda dari D.  Aku belum pernah sih dapat undangan seperti ini.  Biasanya  nggak pernah disebutin nama anaknya. Menurutku ini sangat baik karena tetangga dan kerabat jadi mengenal keluarga baru itu dengan lengkap.Kalau kondangan yang kedua standard  seperti acara pernikahan lainnya yang diadakan di gedung.

Nah, sepulang dari kondangan kan seharusnya sudah kenyang ya, he..he.. tapi karena kami hanya mencicipi makanan kecil saja, maklum si bungsu ikut juga  dan dia tak mau berlama-lama, karena sebetulnya  sesudah dari pernikahan itu mau berkunjung ke rumah sepupunya.  Eh.. ternyata  batal karena mereka tak ada di rumah, akhirnya kami mencari rumah makan.

Tak sengaja kami  menemukan rumah makan Sibual-buali  di Tebet. Melihat namanya saja orang Tapanuli Selatan pasti  familiar. Nama restoran ini mengambil nama sebuah gunung di kabupaten Tapanuli Selatan, dan makin dikenal karena dipakai juga sebagai nama bus umum. Pokoknya nama Sibual-buali itu membawa nostalgia banget  buat orang perantauan. ( Eh, ini bukan review berbayar ya, he..he..)

IMG_1900

Cukup surprise menemukan rumah makan dari Tapanuli Selatan,  karena memang jarang sekali ada. Sekian tahun di Jakarta baru kali ini mengunjungi rumah makan yang menyajikan makanan khas kampung halaman. Restoran ini tak terlalu besar, ruangan terbagi ruangan AC dan non AC.  Meja dan kursi dari kayu dengan model sederhana bergaya ala rumah makan di kampung dahulu.  Ruangan dihiasi dengan kain ulos Tapanuli Selatan dan yang unik ada foto-foto besar pemandangan Danau Toba (yang bukan di Tapanuli Selatan) dan foto bus Sibual-buali. Duduk di sini jadi teras a seperti duduk di depan jendela dan menikmati pemandanga di luar sana.

Lalu menunya bagaimana? Tentu khas makanan dari sana. Kami pesan  daun ubi tumbuk dan sambal tuktuk, gulai ikan limbat sale,  dan belut  balado. Rasanya ? Persis makanan rumahan buatan mama he..he..  tapi dengan harga rumah makan.  ya iyalah  namanya juga dagang ya… Daun ubi tumbuk  itu  makanan yang khas Batak banget, masaknya sebetulnya gampang, semua sayur dan bumbu ditumbuk  dan dicemplung saja dalam santan, cuma karena  tak ada lesung untuk menumbuk jadi jarang sekali sekarang makan sayur ini. Sambal tuktuk itu juga khas karena sambal ini campuran cabai dan ikan harasak kering.

IMG_1901

Satu lagi masakan khas adalah gulai ikan sale. Ikan sale ini adalah jenis ikan limbat, sejenis lele yang hidup di sungai. Pas  kali pun di lidah awak, he..he.., pokoknya sodap kalilah makan siang hari  itu. Dan ada cemilannya  juga, ada itak pohul-pohul, lapet dan ketupat ketan.

IMG_1902

Yang agak masalah hanya waktu pembayaran,  kasirnya salah hitung he..he.., bon orang lain yang dihitungnya.

 

Restoran Sibual-buali

jl. KH Abdullah Syafei no 7, Tebet, Jakarta

telp 021 83783693, 021 81173169

51 thoughts on “Kondangan dan Menemukan Restoran Tapanuli Selatan

  1. bintangtimur berkata:

    Hohohoho…untung salah hitungnya cepet ketahuan ya, mbaaakkk!
    Ikut menikmati cerita yang disajikan sekaligus ngebayangin gimana rasanya itu sambal tuktuk dan ikan sale…😀

  2. Lyliana Thia berkata:

    wah sedap sekali Bun..
    di tebet ada yah resto khas tapanuli…

    hmm… aku waktu ke Medan itu muter2 cari resto khas Sumatra Utara…
    ndak dapat Bun.. hampir semua yg ditemui itu resto Padang..😀

    mungkin aku yang nggak paham kali yah Bun hehe

    • monda berkata:

      rm sibolga itu juga harus jadi kunjungan wajib kl ke Medan ya…
      denger saudara2 cerita makan di situ kayaknya nikmat banget

    • monda berkata:

      mirip dari gugel semua fotonya? aah .. I take it as a compliment aja deh…,
      nggak itu foto sendiri pake Iphone, kl ambil dari foto orang lain sudah tentu aku pakai link
      foto2 ini kuanggap nggak istimewa makanya males bikin watermark

    • monda berkata:

      kedua menu di sini ini emang makanan rumahan yang lazim ada kalau kita dijamu oleh keluarga di kampung.. selain juga gulai ayam mbak
      kl gulai ayam hidangan wajib nomor satu

    • monda berkata:

      hi..hi..iya.., apalagi masakan ini udah jarang ketemu,
      nggak ada lumpang kayu jadi nggak bisa bikin daun ubi tumbuknya
      makanan yg lain bahan baku utama harus dikirim dari sana

  3. ded berkata:

    Ha3….. saya sangat sering lewat di sana terakhir hari minggu sore kemaren. Paling sering baca nama restoran itu tapi takut ada B2 nya karena nama sibualbuali itu. Tapi dengan referensi mb monda suatu saat saya harus nyoba.
    Habis, ngiler lihat menunya…….🙂

    • monda berkata:

      kita juga nanya dulu lho uda sebelum memesan, walau lihat mbaknya pake kerudung
      memang lebih banyak orang Batak yang buat lapo yg jualan b2 itu sih ya

      • ded berkata:

        Alhamdulillah ahirnya kami sekeluarga bs menikmati makanan di sibualbuali : ikan sale, ikan bilis dan sayur singkong tumbuk.
        Sedaaap apalagi gulai ikan salenya yang pedas, makan sampai keringata😛

    • MS berkata:

      hi..hi..iya.., karena kondangannya dua tempat jadi makannya cuma dikit2 takut nggak bisa datang ke tempat satunya

  4. Blogs Of Hariyanto berkata:

    pulang dari kondangan ternyata masih ada yg lapar ya….saya juga sering begitu kok…, dan larinya ya mencari rumah makan, saya belum pernah coba makanan ala tapanuli…kapan2 saya mau mencobanya dech….
    keep happy blogging always..salam dari Makassar🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s