Tak Sengaja Dapat Kelapa Kopyor

Penjual Kelapa Muda

Di sekitar tempat kerjaku ada pedagang kelapa muda keliling. Bapak ini datang jauh dari Tangerang  ke pusat kotu a Jakarta dengan sepeda tuanya itu.  Kode khusus saat menjajakan dagangannya … kira-kira bunyinya  “miiiuuuuuuukk”..hi..hi…lucu ya ..karena aku nggak bisa jelas mendengarnya. Pas ditanya dia  sebut apa, dibalas  hanya dengan  senyuman.

Saat sebelum bulan Ramadhan hampir  beberapa hari sekali kami  panggil, karena si bapak selalu bawa kelapa yang bagus, daging buahnya betul masih muda karena terasa lembut ketika disendoki dan airnya juga banyak. Kadang-kadang karena air kelapa muda cukup banyak jadi mengenyangkan dan nggak perlu makan siang lagi…, asyik kan biar cepat kurus  hi..hi… datangnya pas banget sih, sekitar jam  setengah dua belas. Kelapa muda ini harganya Rp 10.000,- per butir.

Suatu hari aku dapat buah kelapa yang terasa berbeda. Agak kaget juga karena aku merasa  buah kelapa itu seperti kelapa kopyor,  rasa daging buahnya terasa gembur nggak mulus, kalau istilahku seperti bergerigi. Korek dari batoknya juga gampang sekali, daging buah kelapa seolah sudah tercungkil sendiri, alias dagingnya udah terasa melayang-layang dalam air. Dengan hanya Rp 10.000,- aku dapat kelapa bagus, kelapa kopyor itu biasanya harganya lebih mahal karena jarang ada.

Dari baca-baca beberapa sumber,  kelapa kopyor itu adalah kelapa dengan kelainan genetik. Dalam satu tandan kelapa biasanya  hanya ditemui 1 sampai 2 buah kopyor. Katanya supaya kelapa bisa jadi kopyor secara tradisional   tandan  kelapa itu digoyang-goyang saat masih muda. Saat ini sudah ada upaya  khusus untuk perbanyakan kelapa kopyor secara in vitro alias kultur jaringan  dengan bantuan laboratorium.  Dengan cara ini kelapa kopyor yang dihasilkan bisa 90-100 % . Lebih lanjut bisa dibaca di  balitka.litbang.deptan.

Kelapa kopyor menurut versi cerita rakyat adalah sisa makanan bulan. Jadi saat gerhana, bulan itu menghilang karena mau makan kelapa, makanya dibunyikan kentongan supaya bula cepat pergi dan merusak buah kelapa. Masyarakat desa dulu tak mau makan kelapa kopyor.

Cara mengenali kelapa kopyor katanya dengan menggoyangkan buah kelapa. Kita akan merasa seperti ada sesuatu yang bergerak di dalam, yaitu daging buah yang terlepas, selain itu   aroma buahnya juga khas.

Keesokan hari setelah  aku minum kelapa kopyor itu OB puskes tanya : “Bu,  kelapanya kemarin  enak ya ?”

Rupanya saat membuka kelapa itu si bapak penjual kelapa agak berseru  seperti kaget begitu, dia bilang ini buahnya beda. Jadi sebetulnya si bapak sudah menyadari dia bawa kelapa kopyor, tapi dia tetap tak menaikkan harga. Harga yang dibayarkan OB kepada sang penjual tetap seperti biasa. Salut aku dengan kejujuran si bapak, kebanyakan penjual kalau menemukan  sesuatu yang berharga seperti ini kan suka pasang harga.

 

 

 

 

29 thoughts on “Tak Sengaja Dapat Kelapa Kopyor

  1. ded berkata:

    Waktu kecil dulu, klo kami ketemu kelapa begini, kata nenek, kelapa seperti itu sudah g enak, karenq dimakan atau dijilat bulan.

    Jadinya malah lebih sering dibuang Mb.
    Setelah dewasa dan merantau ke jakarta baru saya tau bahwa itulah yang dinamakan kelapa kopyor, yang harganya justeru lebih mhal karena rasanya pun berbeda🙂

  2. prih berkata:

    Pedagang degannya lebih memelihara hubungan kepercayaan pelanggan ya mbak.
    sekarang marak kopyor sintetis dari agar disiram ke es batu shg bentuknya sangat mirip.
    Salam

  3. Imelda berkata:

    wah mbak aku lebih suka kopyor. Kalau kelapa muda malah aku jarang mau makan. Tahun lalu saking ingin makan kepala kopyor, sampai cari ke mana-mana. Akhirnya dapat di Binatuan, pesan per telepo dibawa sampai rumah bersama pesanan mpek-mpek dan otak-otak.

  4. SITI FATIMAH AHMAD berkata:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda….

    Alhamdulilah, itulah namanya rezeki di bulan Ramadhan di mana Allah boleh menganugerahkan kita apa-apa sahaja, di mana sahaja dan dengan siapa yang ditetapkan kita berurusan. Akak tidak tahu apa makna kopyor itu, tetapi akak dapat bayangkan keenakannya.

    Kalau di sini ada kelapa madu yang sangat manis dan enak isinya. Buahnya kecil tetapi banyak air dan isi. mungkin itu agaknya ya.

    Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak.🙂

  5. Beby berkata:

    Bapaknya baik ya, Kak.. Padahal di mana-mana kalok ada barang bagus tuh penjual sukak kali semena-mena naikin harga..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s