Alkisah Alkesah si Buah Jigong

Buah Alkesah 1

Alkisah pertama kali dengar nama buah jigong itu saat teman-teman cerita tentang buah-buahan yang pernah dimakan di masa kecil tetapi kini hampir tak pernah ada lagi. Daging buah yang berwarna kuning ini katanya sering tertinggal di sela-sela gigi menyerupai jigong he..he…

Bertahun setelahnya saat ojekan pulang aku lihat ada pohon besar dengan buah kuning yang sangat lebat. Pohon buah ini terlihat asing. Kata pak ojek namanya alkesah, nggak enak dan nggak laku dijual. Aku langsung googling, karena namanya juga asing, ternyata alkesah itu nama lain dari buah jigong.

Biasalah ya kalau sudah ada informasi sedikit itu aku suka langsung penasaran. Seminggu kemudian aku datangi lokasi pohon itu. Sayangnya buah sudah banyak yang jatuh di tanah dan terlindas ban mobil, itupun sudah buah terkahir. Kulihat tekstur daging buahnya mirip dengan ubi kuning.

Saat ini rupanya sudah musim buah alkesah lagi. Di lokasi lain kulihat lagi buah kuning itu bergantungan di pohon. Pohonnya tinggi.Kupujikan sikap pemiliknya yang masih mempertahankan pohon alkesah meskipun atap tambahan yang dipasangnya harus dilubangi di sekitar pohon itu. Kuberanikan menghampiri yang punya rumah dan minta buahnya. Dikasih asal mau ambil sendiri. Dengan galah dapat satu buah yang masih mentah.

Sawo mentega, sawo ubi, alkesah atau kanistel (Pouteria campechiana) adalah sejenis buah yang asalnya dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai canistel, egg fruit, atau yellow sapote. Di negara lain buah ini kerap dijadikan campuran es krim, milkshake, puding atau selai roti, atau kue pie. Getahnya dipakai sebagai bahan permen karet. Buah buni berbentuk gelendong, bulat telur, bulat telur sungsang, sampai membulat, dengan ujung berparuh, 7,5–12,5 × 2–7,5 cm, berkulit tipis, licin seperti berlilin, kaku, kuning bila masak. Daging buah berwarna kuning, lembap atau agak kering menepung, berbau harum agak samar, manis. Biji besar, coklat mengilat, bentuk bulat telur, panjangnya hingga 5 cm, 1–5 butir dalam tiap buah. (Sumber : Wikipedia).

Mengenai rasanya aku belum bisa kasih komentar, karena buah yang kudapat itu masih mengkal. Saat dibelah pun masih keras. Daging buahnya mengeluarkan getah seperti susu dan bijinya mirip dengan sawo. Bijinya dipisahkan dan akan coba ditanam.

Nah, pernahkan teman memakan buah alkesah alias buah jigong ini ?

 

41 thoughts on “Alkisah Alkesah si Buah Jigong

  1. andy berkata:

    itu biar enak atasnya di kasih garam sdikit trus bungkus dalam plastik skitar 2-3 hari dan rasakan kenikmatannya…
    kalo mau cari banyak terdapat di pinggir jalan ci anjur-bandung lokasi persis nya sih kurang tau namun yg pasti daerahnya banyak pertambangan batu kapur..

  2. sri mayasari berkata:

    Pernah,malah banyak dirumah saya si rasanya manis agak sempet si.cuma kurang suka aja
    Mirip sama ubi gitu..

  3. Rohaeti berkata:

    Alkesah lumayan enak rasanya….ada rasa manisnya agak sedikit apa yah kalau B.indo nya klu org snd mah bilang kesedt…manis,agak mirip ubi N aku rasa sih rasanya kaya alpukat jg….

  4. prih berkata:

    Sik asiik Mbak Monda berbagi buah sawo keju, yook mbak ditunggu di kebun sedang berbuah lebat nih. Sedang diekstrak untuk pewarna alami makanan Mbak.
    Salam

    • MS berkata:

      ibu masa kecilnya memang berwarna banget ya…, makin penasaran dengan Parongpong,kayaknya semua yang kusuka ada di sana

      • Rohaeti berkata:

        Alkesah lumayan enak rasanya….ada rasa manisnya agak sedikit apa yah kalau B.indo nya klu org snd mah bilang kesedt…manis,agak mirip ubi N aku rasa sih rasanya kaya alpukat jg….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s