Semarak Kuning

 

IMG_4674

Seperti 3 tahun  lalu,   dan sampai kini pun aku masih tetap terpesona pada keindahan bunga-bunga kuning  Tabebuia  aurea.  Saatnya memang  Tabebuia berbunga lagi.  Kembali kiri kanan jalan raya menguning, sangat menonjol dibandingkan kelamnya langit yang tertutup mendung seharian.  Bahkan warna kuning yang dominan mengalahkan kehijauan daun. Seakan menyoloknya warna bunga Tabebuia aurea ingin memberi dorongan semangat agar kita tak ikut   loyo  menyamai mendung dan  menjadi malas beraktivitas.

Semarak warna kuning di sepanjang jalan tak hanya dimeriahkan oleh Tabebuia tetapi juga angsana. Bunga-bunga mungil kuning yang luruh dari pohon peneduh angsana (Pterocarpus indicus),  bahkan  di mataku seperti butiran emas di atas beludru aspal hitam. Bila di belahan dunia sana ada musim gugur, di negara tropis pun tak mau kalah. Helaian bunga angsana yang terbang melayang terbawa angin menimbulkan keindahan tersendiri, anggaplah itu kesempatan bagi kita  mengenal   fenomena musim gugur.

Tetapi keindahan bunga-bunga mungil angsana jangan sampai membuat anda kehilangan kewaspadaan. Pohon angsana yang banyak ditemui di jalan ibukota ini rawan tumbang. Ini karena angsana yang ditanam dan berfungsi sebagai pohon peneduh itu kebanyakan berasal dari stek bukan dari biji. Akar angsana yang berasal dari stek tak cukup kuat menahan beban besarnya batang, apalagi bila harus menahan gempuran angin yang sangat kencang di musim penghujan. Maka jangan berteduh di bawah angsana saat hujan menyapa bumi.
.

Angsana

 

 

27 thoughts on “Semarak Kuning

  1. ded berkata:

    Saya teringat hutan kota di Johannesburg Afrika Selatan dengan ribuan Jacaranda yang mekar sekitar bulan-bulan Oktober dan membuat kota tersebut berubah menjadi ungu – biru.
    Sangat mempesona !!!

    • MS berkata:

      aku langsung googling, dan baru tau Jacaranda yg berbunga lebat itu cantik banget, pohonnya jadi kettupan sama ungunya bunga
      dan di Jl Juanda Bandung ditanami banyak Jacaranda dan Tabebuia sejak / tahun lalu, terbayang nanti canfiknya ada lorong Jacaranda ungu..

    • MS berkata:

      oh iya uni ada pohon pelindung yg bunga ya merah, aku belum tahu namanya
      bunga2 yg gugur dari beberapa pohon yg berderet itu memerahkan jalan aku menyebutnya red carpet moment he..he..

  2. joeyz14 berkata:

    ahhhh seminggu ini tiap pagi berhenti sebentar di pinggir sebuah gereja yang ada bunga kuning diatas itu….cantik banget..sebagian udah gugur dan jatuh di jalanan…..kuninggg cantikkk

  3. dani berkata:

    Di kompleks rumah bunga kuning itu juga lagi ganas bermekaran mba. Indaaah banget. Jadi kayak di negeri dongeng. Angsana itu yang berbutirbutir gt ya MBa ya. Indah kalo pas luruh. Bisa rata kuningnya..

    • MS berkata:

      dari Dani dapat juga kosa kata baru, ganas bermekaran … , saking lebat bunganya ya, iya di kompleks perumahan banyak ditanam tabebuia

      angsana itu bunganya emang mini banget Dan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s