Nggak Baca Manual Sih…

Berapa banyak sih ya  orang yang rajin baca buku manual atau buku petunjuk kalau  punya barang baru. Contohnya  beli mesin cuci, hp baru ataupun barang-barang elektronik lainnya  pasti ada buku manualnya.    Jadi pengen tahu pada rajin baca buku manual nggak sih, atau cuma langsung disimpan saja di lemari? Mungkin banyak yang rajin, aku saja mungkin yang malas.  Nah, gara-gara nggak baca buku manual nih aku sempat jadi panik.

Peristiwa ini sudah lama, sudah ada di draft 2 bulan, he..he.., rasa malas mengolah kata  masih tetap susah dihilangkan.

Kejadiannya di  salah sebuah  SPBU   S***l  mau isi BBM di pagi hari cerah.   Saat tangki BBM  mobil sudah penuh aku memarkirkan kendaraan, mau mampir sejenak ke kamar kecil.   Seperti biasa mobil langsung dikunci.  Kagetlah aku ketika hendak kembali ke mobil, remote control  kunci mobil tiba-tiba tak berfungsi. Diulang-ulang  dicoba ditekan  tetap tanpa hasil, pintu mobil tak juga bisa terbuka.  Haduuh.. langsung panik.., mau minta tolong siapa.

Pengemudi mobil yang parkir di sebelahku melihat gelagat ada masalah datang mendekatiku. Dia bilang biasanya  kunci bisa berfungsi lagi bila  didekatkan ke kaca mobil bagian kiri  belakang,  karena biasanya di situ ditempatkan  sensor  remote control. Tapi, saran si bapak itu sudah diikuti tetap juga tak berhasil.

Orang lain lagi bilang buka saja kap mesin, putuskan saja kabelnya. Tapi kalau pakai cara ini kan harus repot ke bengkel lagi untuk pasang ulang  remote control.

Untunglah akhirnya ada penolong. Bapak itu  seorang pengendara motor. Dia  berseragam.   Dari  logo di bajunya,  kemungkinan dia adalah salah seorang mekanik dari sebuah bengkel yang  menangani mobil dengan merk yang sama dengan mobilku.

Dia buka pintu secara  manual dengan memasukkan kunci  ke lubang kunci pintu kanan. Otomatis, alarm  mobil langsung menyala kencang dong. Kemudian dia masukkan kunci  ke batang stir. Dia  putar ignition on off berulang-ulang, cetak cetek mati hidup  terus  sampai alarm  berhenti bunyi dengan sendirinya. Alhamdulillah,  remote control masih berfungsi seperti semula. Katanya, cara yang dipakainya itu ada di buku manual mobil. He..he…

Rupanya memang ada tempat-tempat  tertentu yang bisa memutus sinyal remote control seperti itu lho.   Makanya yuk baca lagi buku-buku  manual yang kita punya di rumah supaya tak panik sepertiku.

29 thoughts on “Nggak Baca Manual Sih…

  1. Ailtje Binibule berkata:

    Aku punya temen yang selalu baca buku manual dulu sebelum buka gadget baru. Bisa tiga sampai seminggu sebelum buku dibuka, menurutku itu kebiasaan bagus, walaupun agak gemes lihatnya.

  2. prih berkata:

    wah saya banget mbak, nggak baca buku manual dengan baik, padahal nyusunnya juga berat biar user friendly ya.
    Salut dengan ketidakpanikan mbak Monda
    Salam

  3. Indah Susanti berkata:

    Waks..baru tahu aku..Aku gak pernah baca buku manual juga..aduuh…
    Kalau soal mobil, buku manualnya selalu ada di mobil sih..siap siaga kalau ada apa-apa cuman ya kalau kejadian ke-lock kayak gitu, pasti aku juga panik..terimakasih info-nya..

  4. mandor berkata:

    karena terlalu penasaran, langsung main hajar saja. Perkara ada masalah di kemudian hari kan bisa nanya di google atau forum. Eeee… ternyata di buku manual sudah tertera dengan jelas, jadi malu sayanya….

  5. dani berkata:

    Waaaah. Saya nih yang ga pernah baca buku manual. Baru tahu cara itu Mba Monda untuk menonaktifkan alarm mobil.. Biasanya langsung jalan aja sih pake kalo ada barang baru. Hehehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s