Mimosa

IMG_4790

Pak guru Biologi pernah melempar pertanyaan ” apakah tanaman bergerak” ?  Para murid serentak menjawab  kencang : ” tidaaak”.

Kami sangat yakin dengan jawaban itu, tanaman tak punya tangan dan kaki bukan? Tanaman tak akan bisa berpindah tempat bila tak dipindahkan.

Jawaban kami disalahkan. Walaupun tidak tampak jelas tetapi tanaman itu memang bergerak, sama seperti manusia dan hewan, ada tanaman yang tumbuh bergerak ke arah sinar matahari, ada yang bergerak karena sentuhan, dll. Karena kesalahan itu aku, salah satu murid bandel itu jadi ingat terus nama dan sifat si  Putri Malu alias Mimosa pudica, contoh   tanaman yang sensitif terhadap sentuhan. Saat melihat putri malu pastilah tangan atau kaki iseng sengaja menyenggol daunnya, senang melihat daunnya menutup, ditunggu lagi daun terbuka, disenggol lagi. Begitu terus sampai bosan.

 

Mimosa

Awalnya hanya ingin posting foto Mimosa, yang kuambil sampai terjongkok di semak, karena foto jarak dekat dengan hp. Browsing untuk melengkapi foto tak disangka dapat informasi menarik dari artikel ” Mimosa plants have long term memory, can learn, biologists say”.

Dr Monica Gagliano, dkk dari the University of Western Australia melakukan percobaan seolah-olah  Mimosa adalah hewan. Mereka meneliti ingatan jangka panjang dan pendek Mimosa di lingkungan yang terang dan kurang terang dengan berulang-ulang meneteskan air. Mimosa tak lagi menutup daunnya karena tanaman ini sudah menyadari tindakan tersebut tak merusak. Kemampuan mengingat ini didapat hanya dalam beberapa detik. Proses ini terjadi karena ada  mekanisme pelepasan sinyal kalsium di dalam sel Mimosa. Lebih lanjut mengenai hal ini bisa dilihat pada artikel yang diterbitkan secara online  Oecologia.

Artikel lain dari Kew Royal Botanic Gardens : Robert Hooke (1635-1703)  salah satu orang pertama yang meneliti gerakan  Mimosa pudica, dan saat itu diduga tanaman memiliki otak dan saraf seperti hewan. Di kemudian hari ditemukan bahwa daun melipat  akibat sentuhan atau pergerakan udara  akan merangsang  tanaman mengeluarkan senyawa  kimia, sehingga air keluar dari vacuola sel dan sel menjadi mengkerut.

Mimosa pudica mengandung mimosine, yang dalam jumlah besar bersifat toksik bagi manusia dan hewan.

32 thoughts on “Mimosa

  1. chris13jkt berkata:

    Wah baru tahu kalau ternyata si putri malu ini punya memori. Kalau yang semula hanya takjub karena “kebisaannya” merespons sentuhan, sekarang semakin takjub karena ternyata tanaman ini juga punya memori

  2. prih berkata:

    Mbak Monda jadi belajar ‘bahasa bunga’ Mimosa, mekanisme pertahanan diri yg unik ya mbak dan jadi mainan mengasyikkan bagi kita masa kanak2 eh hingga kini. Salam

  3. bintangtimur berkata:

    Mbaaak, jadi inget masa kecil, karena sekarang tanaman ini sudah jarang saya temukan.
    Tanaman bergerak ke arah matahari, itu juga saya yakini. Coba deh perhatikan, tanaman apapun yang kita tanam, kalo diatasnya ada penghalang, pasti dia akan bergerak ke arah matahari dan bukan sebaliknya…dh, ini juga riset pribadi, mbak…belum tentu akurat hasilnya…hehe

  4. zilko berkata:

    Hehehe, dulu sewaktu kecil aku suka bermain dengan putri malu ini. Setiap lihat satu, langsung disentuh supaya mereka menutup daunnya, hihihi😀 .

  5. jampang berkata:

    kokq saya baru lihat bunga putri malu itu. apa selama ini kelewat yah. cantik juga bunganya.

    kalau nggak salah dulu dikasih contoh juga bunga matahari yg bunganya bergerak selalu menghadap matahari. belum pernah lihat secara langsung seh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s