Gobo

Selamat Tahun Baru semuanya, mudah-mudahan belum telat .., maafkan banget belum bisa blogwalking banyak. Biasalah sejak akhir tahun semua kerjaan harus diselesaikan, apalagi insya Allah tahun baru ini bakal kerja di tempat baru. Jangan sampai sudah di tempat baru masih punya utang pekerjaan.

IMG_4961.JPG

Tema WPC minggu ini, New, tampaknya juga disesuaikan dengan tahun baru ya. Nah ini, aku foto jenis sayuran yang baru bagiku. Diletakkan di sekitar counter buah-buahan, kusangka ini buah juga, he..he.. salah. Tertulis namanya Gobo, kata si abang petugas ini mirip rebung, tapi dia juga nggak yakin. Dipegang kok teksturnya nggak kayak rebung, ini lebih keras, seperti ranting.

Gobo (burdock root) sering disajikan di Jepang untuk menyambut tahun baru (republika.co.id). Ada berbagai menu masakan Jepang yang disajikan bersama gobo, banyak sih jenisnya, tapi yang familiar bagiku hanya tempura. Katanya rasanya renyah dan unik. Nggak bisa bayangkan. Mungkin ada yang sudah pernah makan gobo?
Selain di Jepang dan Cina, di Eropa dan Amerika dikenal dengan nama burdock root.

Mulanya gobo (Arctium lappa) dibawa dari Cina sebagai obat. Khasiatnya sebagai antiaging, aphrodisiac, bahan untuk suplemen dan vitamin, obat untuk penyakit kulit, juga meningkatkan kinerja berbagai organ tubuh membuang racun dari dalam tubuh, dan lain-lain. Di Rusia dan India kabarnya gobo bisa menyembuhkan kanker.

Seperti juga banyak sayuran asing lainnya, ternyata gobo juga sudah ditanam di dalam negri.

17 thoughts on “Gobo

  1. septarius berkata:

    gobo awalnya memang tanaman obat, tp karena tekstur dan rasanya yg unik lama-lama di sukai untuk masakan atau sayur..🙂

    salam hangat Bu Monda..

    -AtA-

  2. prih berkata:

    Berbagi info sayuran baru di tahun baru ya Mbak. Langsung googling dan kagum dengan ketelatenan cara panennya umbi akar gobo setipe panen wortel sepanjang itu…. Terima kasih Mbak, berbagi pengetahuan

  3. dani berkata:

    Baca judulnya tadi kirain macem Kobo aplikasi pembaca ebook. Hihihi.
    Selamat tahun baru dan selamat untuk tempat kerja barunya Mba Monda, semoga sukses dan lancar semua! Baru tahu Gobo dari sini dan jadi penasaran..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s