Liberian Postcard

IMG_5033-0.JPG

Kartu pos dari Monrovia, Liberia ini kiriman Ryan yang beberapa waktu lalu bertugas di sana. Ryan pernah bagi-bagi kartu pos, tapi aku taunya telat. Saat komentar di blog salah seorang teman aku menyesal nggak tau lebih awal, eh malah ditawari sama Ryan, baik banget ya. Terima kasih Ryan.

Kata Ryan : Monrovia letaknya di tepi laut, sayang keamanannya kurang jadi gak berani keluar malam, pantainya juga kotor dan bau ranjau manusia. Hiiii…

Aku tak tahu banyak tentang Liberia, hanya tahu geografisnya di bagian barat Afrika, bertetangga dengan Sierra Leone (dulu punya sahabat pena dari negara ini). Liberia ini juga sering ada di berita karena pernah heboh perang saudara.

Selain itu hanya tahu Liberian Girl, lagu dan video klip dari Michael Jackson. Video klipnya keren karena banyak orang terkenal yang ikut main, sedangkan MJ hanya muncul sebentar di akhir.

Supaya tau barang sedikit aku baca-baca beberapa sumber. Liberia (dan Ethiopia) itu negara yang bukan bekas kolonisasi Eropa, nggak seperti negara-negara lain di benua Afrika. Negara ini didirikan oleh bekas budak yang telah dibebaskan di abad 19, dengan dukungan Masyarakat Kolonisasi Amerika yang menganggap para bekas budak ini akan lebih baik hidupnya di Afrika. Makanya sistim pemerintahan meniru Amerika Serikat, dan nama ibukotanya juga pakai nama presiden AS ke 5, James Monroe, benderanya juga mirip. Jangan-jangan nama Liberia itu asalnya dari kata liberty ya?

Sumber : Wikipedia

24 thoughts on “Liberian Postcard

  1. Ryan berkata:

    Hehehe. Ternyata gak di-linkback ya Mba. hehehe.

    Masih ada nih kartu pos nya. Liberia kalau gak salah 1 lagi. Belanda. Singapore masih beberapa. Kemarin itu beli banyakan. eh ternyata gak banyak yang pakai.

    Bener mba, Liberia ini adalah negara untuk budak2 dari Amerika. Makanya benderanya mirip sama bendera US juga. Bedanya bintangnya cuma 1. Dan bener juga gara-gara perang saudara jadi susah. Mereka bahkan menghancurkan dam makanya gak ada listrik di sana untuk saat ini.

    • MS berkata:

      aku ngelink ke halaman about ( buat linknya di Ryan di alinea pertama), kok bisa nggak masuk ya pingnya?

      wah, hancurin dam? jadi parah banget kl gitu dong ya
      bangun dam lagi kan perlu waktu dan biaya yg nggak sedikit, berapa lama lagi negara itu bakal terpuruk
      susah nggak hidupmu waktu di sana?

      • Ryan berkata:

        Iya mba. gak ada masuk link-backnya. kadang bingung juga sih ada link back yang masuk ada juga yang gak.

        Iya. sekarang lagi plan diriin dam lagi tapi karena ebola kemarin kayaknya dihentikan sementara.

        Pas di sana sih dibilang susah ya gak juga mba. Definisi susah menurut mba di sini apa nih

  2. Yuni andriyani berkata:

    Setahu saya liberia adalah salah satu negara yang tidak pernah di jajah oleh bangsa barat dan didirikan oleh warga negara Amerika Serikat sebagai koloni untuk mantan budak Afrika-Amerika. Minimal sekali pengetahuan saya atas liberia karena saya dulu intens mempelajari kawasan Asia-Pasifik…

  3. -n- berkata:

    Aku punya teman blogger yg dulu bertugas di Liberia. Namanya Luigi Pralangga. Waktu ketemuan, dia sebutkan nama negara Liberia, itu sudah membuatku dan teman2 mengerutkan kening. Apalagi ketika dia sebut nama Mongrovia😆 Rupanya kami semua tertidur ketika pelajaran Geografi😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s