Bogor Kota Hujan

Bogor Kota Hujan, itu julukan yang sering kita dengar. Hujan sudah jadi ciri khas kota hingga tema ini dijadikan motif batik khas Bogor.

Aku baru sadar ada batik asal Bogor karena tak sengaja bulan lalu di Botani Square Bogor melihat pameran batik. Niatnya sih selain seminar di hotel di kompleks itu, juga sekalian belanja, malahan dapat bonus pameran.

Selain tema hujan, yang dijadikan motif khas Bogor antara lain kujang (keris khas Jawa Barat), kijang, talas, teratai dan ada motif punakawan juga. Pokoknya motif memang berakar dari semua yang khas Bogor. Belum pernah lihat motif sepertii ini sebelumnya. Cantik dan unik, bisa aja ya pilih motifnya.

IMG_5040.JPG

Selain pameran ada juga acara belajar membatik dan ceramah. Dan di sini pula aku baru tahu ikat kepala pria Sunda itu banyak modelnya. Ada yang bisa membuat tutup kepala ini?

IMG_4619-1.JPG

Suka deh kalau di mal ada pameran seperti ini, bisa belanja sekalian lihat pameran. Cuci mata tapi dapat khasanah baru. Semoga Batik Bogor makin diminati ya.

IMG_4624-0.JPG

43 thoughts on “Bogor Kota Hujan

  1. kamal berkata:

    sudah lama ga ke mal botani. kalau ke bogor biasanya hanya cari makan atau pisang tanduk. jadi malas kalau mampir ke mall. tapi bagus juga kalau di botani, atau juga mall yang lain, yang menyediakan sarana pameran atau edukasi tentang ke-khas-an suatu daerah. termasuk batik ini.

    jangan2, batik yg motif hujan itu kalau dipakai selalu dingin kali ya..🙂

  2. vizon berkata:

    Boleh juga nih batik Bogor jadi alternatif tambahan koleksi..
    Sepertinya saat ini, hampir setiap daerah membuat batiknya sendiri, sesuai dengan ikon daerahnya. Seperti beberapa waktu lalu aku ke Batam. Ternyata di sana juga ada batik dengan ciri khas motifnya bunga kecubung dan jembatan barelang..🙂

  3. nh18 berkata:

    OOT …
    Tempat tersebut dulunya adalah tempat kami kuliah tingkat satu …
    dan berolah raga setiap minggu pagi
    kini tinggal kenangan … dan mal …
    (hik)

    salam saya Kak

    • MS berkata:

      menyedihkan juga ya oom,
      apa karena kampus sebagian besar sudah pindah ke tempat baru, jadi yg di pusat kota jni dijadiin mal?

  4. bemzkyyeye berkata:

    Itu batik yg motif hujan lucu yah.. Spt nya saya blm pernah liat motif itu hihihi. Saya suka ke bogor tp blm pernah beli batik disana hiks

    • MS berkata:

      motif hujannya, agak sedikit mirip mega mendung Cirebon ya, tapi ada tetesan airnya
      yg motif talas itu dominan gambar daun talas, yg warna ungu

  5. dani berkata:

    Ini komen agak OOT Mba Monda. Kemaren saya juga barusan dari Bogor. Indah ternyata ya kotanya. Suka deh. Hihihi. Btw batiknya bagus. Pas bener pas ke sana pas ada pameran ya Mba. ::D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s