Kisah Blog Ganda

Tadi siang kaget deh lihat dashboard blog wp ini. Sudah lama nggak perhatikan dashboard sih, iya karena belakangan ini memang lagi mobile blogging, lewat hp kalau mau posting dan blogwalking. Sebetulnya bisa juga buka dashboard wp dari apps WordPress di hpku, tapi karena nggak ada perlunya ya nggak dibuka aja.

Tak sengaja tadi tertumbuk pada bagian Selayang Pandang dan baru tahu di blog ini sudah terbit 666 post, angka cantik kan …?

IMG_5935.JPG

Seru aja liatnya , walau kurasa jumlah ini masih sedikit. Ngeblog sejak 2009, rasanya sih posting ini masih minimal, kalau dirata-ratakan hanya 9,25 post per bulan. Wah .. harus lebih giat lagi.

Posting yang sedikit ini bisa jadi karena harus berbagi perhatian pada blogku yang lain, Berbagi Kisahku yang beralamat di mondasiregar.com.Blog self hosted ini ada sejak 2012, (dikasih limpahan blog dari blogger kondang Surabaya), dengan jumlah posting 194, rata-rata 5 post per bulan Apa ini berarti punya blog lebih dari satu itu merugikan?.

IMG_5936.JPG

Dari baca sana sini pendapat para blogger kondang, rata-rata mereka punya blog lebih dari satu, ada yang punya 6 blog, bahkan lebih, puluhan bahkan ratusan. Masing-masing blog itu biasanya punya niche alias tema berbeda. Hal ini menguntungkan bagi yang mau serius monetizing blog, lebih banyak peluang untuk disisipi iklan.

Punya 2 blog itu awalnya bikin agak ngos-ngosan, seringkali perhatian lebih banyak pada blog yang baru, mikir bagaimana caranya supaya trafiknya bisa lebih dari 2 digit. Walaupun aku nggak fokus buat cari duit dari blog, (kalau ada yang nawarin kerjaan ya tetap dipertimbangkan he..he..), tapi kalau lihat blog dikunjungi lebih banyak pastinya senang dong.

Kalau dibandingkan antara keduanya, blog gratis dari wordpress.com itu relatif lebih gampang menarik pengunjung, gampang follow blog, bisa cari blog dari tag yang sama, pokoknya difasilitasi maksimal, sedangkan blog dengan .org harus usaha sendiri, pasang plugin sendiri. Otomatis pengunjung di wp.com lebih rame dengan komentar dari sesama blogger, sedangkan blog lainnya kebanyakan kunjungan datang lewat mesin pencari. Tapi sudah terlanjur tercebur ngurus 2 blog ya harus diteruskan supaya keduanya jalan. Kedua blog ini bisa saling tolong menolong kasih link, daripada susah mengharap link dari orang lain, #fakirlink.

29 thoughts on “Kisah Blog Ganda

  1. adelinatampubolon berkata:

    salut dech sama yg pny blog lebih dr satu. aku punya satu saja nga ngerti mengelolahnya, banyak aplikasi yang aku nga tau dan temanya juga masih gitu-gitu saja hikss.. pengen berguru dengan kalian2 yg lebih dulu.

  2. prih berkata:

    Manggut-manggut menikmati postingan ini. Mbak Monda tetap konsisten mengurusnya, masing-masing blog terupdate secara rutin pun trafiknya sangat oke. Apresiasi dengan 666 Mbak.

  3. zaki19482 berkata:

    Keren, udah 666 posting. Rata2 ngeblog 9,25 posting dan blog satunya rata2 ngeblog 5 posting setiap bulannya. Selamat, kasih resepnya dong, punya stamina tinggi seperti itu? Hehehehe

  4. Beby berkata:

    Aku pun punya blog satu lagi Kak, bahkan uda pasang TLD untuk 2 tahun.. Tapi entah kenapa malah males mulai dari awal lagi. Enakan yang blog biasa, walaupun isinya gado-gado.. Wkwkwk..😀

    Salut bisa ngurus blog lebih dari satu😉

    • MS berkata:

      katanaya kalau temanya beda2 kita bisa lebih fokus cari idenya
      blog yg ini isinya campur2, kalau yg satunya lebih banyak cerita soal wisata dan budaya Indonesia

  5. Gara berkata:

    Saya cuma punya satu blog Mbak, dan itu juga sudah sangat mengisi waktu yang seharinya cuma 24 jam ini :hehe. Salut dengan yang bisa blog ganda seperti Mbak, membagi waktunya pasti bukan perkara mudah. Apalagi Mbak menurut saya sangat produktif, kalau dibandingkan saya yang postingannya baru lima puluh :hihi.
    Terus menulis ya Mbak. Semangat :)).

    • MS berkata:

      Gara.., aku kan postnya pendek2, jadinya bisa banyakan
      nggak seperti dirimu yang bisa menulis panjang dan lengkap

    • MS berkata:

      8 post panjang sebulan dan penuh foto Man.., itu ngerjainnya kan lama, maklumlah kalau cuma dikit
      aku kan ngisi post paling satu foto dan satu paragraf,
      sekarang lagi belajar nulis panjang dan nggak bertele2

  6. bintangtimur berkata:

    Hebat mbak, saya ngurus satu blog aja udah ngos-ngosan…hehe
    Udah ada 666 posting?
    Alamaaak, saya masih kalah jauh nih…masih separonya, mbaaak…hehe

  7. Ira berkata:

    awalnya aku punya empat mbak…tapi berguguran satu persatu dan yang aktif untuk menuangkan isi pikiran cuma satu😀

    • MS berkata:

      wah.. iya betul…,
      kadang2 malah bingung pas ada ide, bingung mau nulis di blog yg mana
      kalau seperti itu akhirnya aku nulis tema sama di dua blog itu, cuma dibeda2in dikit gitu deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s