Teratai Besar dan Kecil, Afloat

20140324-130517.jpg

Teratai (Nymphaeae) satu contoh tanaman air yang sangat cantik. Bunganya yang besar berwana cerah, saat merekah sempurna mampu menarik perhatian mata pengunjung yang mencoba mengabadikan keindahan ini lewat mata kamera. Bunga teratai yang mengapung di air sangat menonjol di antara daun-daunnya yang berwarna hijau pekat. Kehadiran teratai menambah asri pemandangan kolam yang monoton. Warna air kolam berlumpur yang cenderung gelap itu pun jadi tersamarkan, tak menakutkan lagi.

Seumur hidupku cuma mengenal teratai kolam, dulu pun kolam ikan di halaman rumah orang tuaku dihiasi teratai, katanya supaya ikan-ikan bisa bernaung di bawah daunnya. Bunga yang dihasilkan normal ukurannya, umum dijumpai di manapun. Teratai yang sangat besar cenderung raksasa pernah kulihat di kolam hias di halaman Istana Bogor. Memang, teratai yang terdiri dari 50 species itu ukurannya terentang dari yang raksasa sampai sangat kecil sekali.

IMG_5961.JPG

Teratai kecil terlihat ada di taman di halaman kompleks museum yang sangat keren di Surabaya, House of Sampoerna.. Teratai kecil ini diletakkan dalam pasu batu. Daunnya kecil dan bunganya pun kecil. Walaupun kecil, tetapi teratai ini bukanlah yang terkecil di dunia, ada bunga teratai yang jauh lebih kecil lagi. Teratai terkecil itu diameter bunganya hanya 1 sentimeter berasal dari Afrika. Teratai super kecil ini hampir punah, tetapi akhirnya bisa terselamatkan setelah diteliti dan dikembangkan di Royal Botanical Gardens Kew, Inggris. (sumber :
Tempo).
Posting ini menyesuaikan dengan tema afloat dari Dailypost.

35 thoughts on “Teratai Besar dan Kecil, Afloat

  1. Allisa Yustica Krones berkata:

    Waktu aku kecil dekat rumahku ada 3 telaga kak, dan di setiap telaga banyak sekali bunga teratainya dari yang kecil sampe yang besar. Dulu aku suka main di dekat telaga itu, makanya sekarang kalo liat bunga teratai pasti keinget sama masa kecil dulu…

  2. azmihoffmann berkata:

    Suka teratainya mba, karena fotonya Kontras banget antara teratai dan air kolam, jadi teratainya keliatan real banget, rasanya aku pengen ngambil 😍😍

  3. Gara berkata:

    Foto yang pertama cantik sekali Mbak, teratainya mekar sempurna tanpa cela. Sudah begitu, kelopaknya berlapis-lapis, selang-seling satu sama lain, rapi sekali :)).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s