Hujan Merah Jambu

Tiupan angin kencang dan hujan lebat yang masih saja turun di bulan-bulan yang biasanya sudah kering merontokkan helaian halus merah muda dari bunga jambu bol. Ketika duduk di bawah pohonnya, hembusan sang bayu yang membawa berkas-berkas berwarna indah itu seolah-olah menyerupai hujan, hujan merah jambu. Sukaaa deh lihat warnanya yang mencolok itu.
IMG_5966.JPG

Jambu bol (Syzygium malaccense) ini punya cerita tersendiri buatku. Dulu saat baru sembuh dari sakit malaria (jaman SD) kan nggak nafsu makan, nafsu makan timbul sesudah makan buah jambu bol dicocol garam. Rasanya yang asam-asam manis itu sepertinya punya khasiat membangkitkan selera makan. Saat hamil pertama juga ngidamnya jambu bol yang saat itu nggak musim. Akhirnya dapat di tempat yang jauh, di Depok. Sejak itu jambu bol jadi salah satu buah favorit. Sekarang, jambu bol semakin dekat denganku, jadi keseharian, karena ada sebatang pohon jambu bol tumbuh di halaman puskes.

Maret lalu blog ini terdaftar ikut Photo 101 dari Dailypost punyanya admin WP. Tema yang diberikan tak semua bisa diikuti, he..he.., nggak disiplin ya. Terkadang punya foto stok, kalau nggak punya itu yang ribet, harus cari di sekelilingku. Nah untuk tema pop of color, sesudah susah cari sana sini, akhirnya dapat di halaman sendiri, di halaman puskes maksudnya sih.Daripada usaha terbuang percuma, lebih baik tetap tampil ya, bunganya cantik sih.

Tip dari team photo 101 tentang tema pop of color yaitu, kesatu cari satu warna cerah, bukan banyak warna sekaligus yang bakal bersaing cari perhatian, kedua cari warna kuat dalam komposisi dasar atau garis sederhana, ketiga terus eksperimen dengan cahaya dan POV saat buat foto warna, karena warna bisa berubah bila anda bergerak, keempat pwarna seperti pastel atau mint juga bisa menonjol.

IMG_5965.PNG

IMG_5968.JPG
IMG_5969.JPG
Pohon jambu bol ini tampaknya sudah berusia cukup tua, lingkar batangnya sudah cukup besar, tak heran bunganya cukup banyak. Saat ini bunga yang mampu bertahan telah menjadi bakal buah.

IMG_5963.JPG

Bunga dari pohon jambu bol ini lazimnya tumbuh di cabang dan ranting. Rupanya ada pengecualian, ada saja bunga yang muncul di batang. Ketiga foto di atas itu contoh bunga yang tumbuh di bagian batang, cukup rendah untuk memudahkanku membuat fotonya sedekat mungkin. IMG_5981.JPG
Tetapi mungkin karena memang
bukan pada tempatnya, dua hari kemudian bunga yang tumbuh di batang itu pun gugur seluruhnya.

IMG_5980.JPG

Kini, semua bunga yang bertahan terhadap hempasan angin kencang telah berubah bentuk, bunga sudah menjadi bakal buah. Ingin membuat foto seri pertumbuhan bunga sampai menjadi buah siap petik, mengikuti jejak emaknya Benjamin yang rajin mendokumentasikan proses pertumbuhan bunga-bunga hiasnya. Semoga nggak lupa.

58 thoughts on “Hujan Merah Jambu

  1. yusmei berkata:

    jadi pengin jambu bol nih mbak Monda…dulu punya pohonnya di halaman depan rumah, tapi udah ditebang…padahal kalau berbuah enak beneer😀

  2. kamal berkata:

    judul postingnya jadi mengingatkanku ke lagunya KLA project “tak bisa ke lain hati”. larik pertama lagunya, “bulan merah jambu, luruh di kota mu. ku ayun sendiri, langkah2 sepi”… duh makin puitis nih tulisan bu monda..🙂

    • MS berkata:

      iya.. lagunya Kla yang itu.. emang puitis..
      hujan merah jambu kupilih jadi judul ya karena rontoknya bunga banyakan itu mirip sama ujan

      • Alris berkata:

        hehe…betul di Jambua Aia Bukittinggi banyak makanan enak. Saya pernah tinggal selama 3 bulan di Bukik, kangen nasi kapau pasa leriang.

    • MS berkata:

      waah.., bisa ya Azmi disandingin sama sakura
      kalau banyakan pohonnya dan serentak berbunga pasti meriah seperti sakura ya

  3. Ami berkata:

    Kalau di sini namanya jambak, Mbak Monda🙂 dulu di depan rumah ada pohon jambu air, cuma bunganya putih. Jadi nggak terlalu ngejreng warnanya🙂.

  4. ichasyahfa berkata:

    Waaah cantik banget warnanya. Pink nya itu bikin kontras. Iya cocok utk tema pop of color photo 101 itu ya, Bu Monda. Icha kemaren gak ketemu foto buat tema itu 😀

  5. bintangtimur berkata:

    Mbak Monda, baru kali ini saya lihat pohon jambu bol.
    Bunganya cantik banget ternyata, warnanya itu ngegemesin banget…ehm, udah lama saya nggak makan buah ini, jadi pengen deh!😀
    Oya. ini salah satu buah favorit mbak Monda pas ngidam?
    Kenapa dulu saya kok ngidam sate padang yaaa…hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s