Enjoy Capitalism

IMG_6005.JPG
Judul: Enjoy Capitalism
Penulis: Guskar Suryatmojo
Penerbit: Halaman Moeka Publishing (Jakarta, Oct 2014)
Tebal: vi + 592 halaman
Harga: Rp 68.000 (belum termasuk ongkos kirim)

Siapa bilang menampilkan berita yang tengah populer di masyarakat itu hanya sekedar copy paste untuk menaikkan trafik blog? Ada cara yang lebih elegan, lebih kreatif yaitu buat opini berdasarkan pendapat anda sendiri, bukan mencontek dari tulisan lain. Hal ini dilakukan oleh Kyaine Guskar Suryatmojo pemilik blog Padeblogan. Beliau ini punya kebiasaan menulis setiap pagi, jika dirasa layak akan ditampilkan di blog.

Buku berjudul Enjoy Capitalism ini adalah kumpulan tulisan sejak 2008 di blog dengan kategori ngudarasa, mengurai rasa. Ratusan artikel itu dibuat menjadi bab berdasarkan periode terbitnya. Karena dekat dengan budaya Jawa, pembagian bab ini terinspirasi dari Pranata Mangsa, pengaturan waktu musim yang dipakai sebagai patokan dalam mengolah lahan pertanian.

Contohnya bab pertama dinamakan Sasotya Murca Saka Embanan – intan lepas dari cincin yang menjadi wadahnya (22 Juni – 1 Agustus) yang digambarkan saat di mana daun-daun berguguran, kayu pada mengering, belalang bersembunyi di dalam tanah. Lalu bab Pancuran Emas Sumawur ing Jagat – pancuran emas menyirami bumi (14 Oktober – 9 November) saat bumi basah oleh hujan, pohon asam Jawa menumbuhkan daun muda, para laron keluar dari liangnya, ulat mulai menggeliat, lempuyang dan aneka temu mulai bertunas. Sangat menarik, pembaca bisa sekalian sedikit menyerap budaya dan kearifan masa lalu .

Artikel Enjoy Capitalism yang dipakai sebagai judul buku ini terbit pada Oktober 2012, isinya sih mengenai kita yang hidup di jaman kini sangat dimanjakan oleh kapitalisme, dan agak susah juga menolaknya, boleh saja menikmatinya asal jangan kebablasan. Kata beliau hidup sederhana, namun serba kecukupan.

Judul tulisan Mas Prasetyo Selalu Berlengan Panjang bisa ditebak asal muasal idenya, iya nggak? Gaya berbusana mas Pras anak bu Lurah yang berbeda dari kebanyakan anak muda itu jadi gosip di kampung. Penjelasan dari bu Lurah nggak dianggap, pokoknya orang kampung keukeh mas Pras punya tato. Suatu hari di perempatan desa mas Pras hanya bercelana pendek telanjang dada berputar-putar seperti penari balet, maksudnya sih hanya mau kasih bukti tak ada tato. Warga heboh “Anak kesayangan bu Lurah sekarang gila”. Pokoke gosip he..he..

A.R.I.E.L tulisan dari tahun 2010 tentang fanatisme berlebihan pada seorang idola, apa yang terjadi bila sang idola melakukan kesalahan? Fans jadi malu? Kita kecewa dengan idola kita bisa jadi karena cinta kita yang buta nggak memberi ruang sedikit pun kepada sisi kemanusiaan idola kita.

Karena Tidak Tahu, Maka Nikmat Rasanya memotret perilaku produsen makanan yang sembrono, kita konsumen yang tak tahu proses makanan hingga sampai ke tangan kita gampang sekali dikelabui, yang penting enak dan lapar hilang.

Sebagai seorang blogger, Kyaine ini punya gaya bahasa khas. Bahasa Indonesia yang baik berpadu dengan bahasa daerah, unik dengan pemikiran yang bernas. Rasa Bahasa di halaman 291 membuka rahasia bagaimana cara menulis supaya enak dibaca. Penulis harus punya ilmu meramu berbagai gaya bahasa. Setelah sebuah tulisan selesai, sebaiknya dirasa-rasakan dulu, kata atau kalimat yang kurang pas supaya tak terjadi salah persepsi. Kalau ingin tulisan anda mempunyai rasa bahasa yang enak, biasakankah membuat dan membaca banyak sajak atau puisi. He.. he.. PR buatku yang masih segini-segininya rasa bahasanya, belum bisa buat puisi apalagi mencerna isinya.

Ini buku kedua karya Kyaine Guskar yang kutuliskan di blog setelah Srikandi Ngedan. Ada 4 buku beliau lainnya yang belum sempat kubagi di blog, he..he.. iya aku sudah punya semua bukunya, saking ngefans pada tulisannya. Terima kasih Kyaine Guskar, untuk pembelajaran cara menulis up to date dengan gaya sendiri.

Jika Anda berminat memesan buku tersebut silakan berkirim via email ke kyaine2010@gmail.com atau SMS 081288630551

20 thoughts on “Enjoy Capitalism

  1. prih berkata:

    Toss sesama pengagum karya Kyaine. Penulis handal dengan rasa bahasa yang khas ya Mbak. Tulisannya selalu ngangeni. Salam

    • monda berkata:

      apalagi bila terjadi posting berbalas dengan Rynari, aku sampai geleng2 kepala kagum pada kreativitas dan olahan kata dua penulis favorit

  2. zaki19482 berkata:

    Kyaine itu pakai “Candra Sengakala” kayaknya. Jadi pengin beli bukunya. , Belinya dimana ya? Gram*d*a? Apalagi ini buku yang “njawani”. Semoga cocok dengan saya yang jawa. Terimakasih

  3. alrisblog berkata:

    Wah menarik nih bukunya. Ada di jual di Gram*di*a gak?
    Nah, saya juga kadang kesulitan mencerna puisi. Kok, bagi saya kayaknya puisi hanya bagi sipembuat puisi aja, hehe..sorry buat pembuat puisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s