Forces of Nature

IMG_6240.JPG

Keladi dan beringin, kedua tanaman ini alamiah bisa tumbuh di manapun. Beringin yang sering dijumpai di sembarang tempat, berganti peran menjadi tuan rumah karena ditumpangi oleh keladi.

Biji buah beringin (Ficus benjamina) yang kecil mungil itu gampang diterbangkan angin. Tak heran anakan beringin bisa menyeruak muncul di tempat tak terduga di sela-sela batu bata penyusun pagar atau tembok rumah atau di tempat-tempat sulit lainnya sekalipun tanpa ada tanah. Akar beringin mampu menembus batu atau permukaan keras lainnya dan mencengkeram menempel sangat kuat di permukaan susah sekali dilepaskan. Bila pohon semakin besar akarnya akan menghujam lebih dalam, mungkin mencari sumber air, karena beringin suka hidup di tempat lembab. Penampilannya yang sangat besar, kokoh dan punya akar gantung menimbulkan aura seram, hingga jadi mitos sebagai hunian mahluk astral. Anggapan beringin sebagai rumah mahluk halus ini sebetulnya menguntungkan dari sisi penghijauan di tepi sungai, karena orang jadi segan menebang beringin.

Bukankah ini menjadi bukti kekuatan alam, Forces of Nature?. Tema yang sama dengan foto yang lain mengenai Gunung Tangkuban Parahu ada di Berbagi Kisahku.

Iklan

14 thoughts on “Forces of Nature

  1. prih berkata:

    bahagianya keladi cantik dipeluk pot alami sang beringin kokoh.
    Kekuatan alam cerminan Sang Pencipta
    Trim Mbak berbagi foto elok penuh makna ini

  2. ded berkata:

    Ooo itu toh maksudnya, bahwa anggapan di pohon beringin ada makhluk halusnya utk menghindari agar tangan2 jahil tidak berani mengusik pohon tsb 🙂

  3. Nurul Lubis berkata:

    Keladi, mengingatkan memori masa lalu. Waktu saya kecil, keladi seperti ini banyak tumbuh di mana2.. Sekarang sulit ditemukan, secara jarang ada lahan kosong juga.. Good interpretation, mbak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s