Floral Photo Tale #1

Kigelia pohon sosis

Kigelia pohon sosis


Punya banyak teman blogger yang cinta flora  seperti mbak Prih, mbak Dani dan mbak Mechta semakin memupuk minat memperhatikan sekitar  dan membuat  foto-foto tanaman unik yang baru pertama kali kulihat.

Akhirnya jadi tahu wujud Kigelia atau pohon sosis saat mampir  di Taman Kyai Langgeng di Magelang. Pohon ini pertama kali lihat di blog Rynary.  Tampilan Kigelia ini tinggi besar setara seperti pohon beringin, buahnya yang besar dan bunganya bergantungan muncul dari sela-sela rimbunnya dedaunan. Plang informasi  menyebutkan namanya sebagai Kigelia aethiopica atau Kunto Bimo dari keluarga Bignoniaceae.

Di tempat yang sama ada juga Nyamplung  yang katanya buahnya  bisa dimanfaatkan sebagai biofuel. Namun aku tak melihat kehadiran buah saat itu.

 

Nyamplung

Nyamplung


Saat keliling kampung dengan ibu-ibu jumantik (juru pemantau jentik) jadi tahu yang namanya tanaman  Binahong (bahasa Latin: Bassela rubra linn, bahasa Inggris: Heartleaf maderavine madevine, bahasa Tionghoa: Deng san chi). Binahong ini adalah tanaman obat yang banyak khasiatnya, yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

 

Binahong

Binahong

Terakhir yang kutemukan saat mudik Lebaran lalu adalah pohon bumbu dapur ini. Bisa menyebutkan nama pohon ini?

 

Lada / Merica / Sahang

Lada / Merica / Sahang

Lada adalah tanaman merambat, jadi perlu tumpangan agar bisa berdiri tegak. Tanpa tegakan lada bisa tumbuh merambat di tanah yang disebut lada perdu. Pohon lada  tidak tahan air,  maka bila terendam air hujan dalam waktu yang lama, tanaman akan rusak.

11 thoughts on “Floral Photo Tale #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s