Tips Pengobatan Kena Sengat Lebah

Suara jeritanku yang kencang melengking  membahana mengagetkan orang seisi rumah yang langsung datang menghampiri. Tak bisa kucegah teriakan itu keluar dari mulut, lah tiba-tiba saja ujung jari tengahku terasa sangat sakit tertusuk yang kemudian diikuti dengan terbangnya seekor lebah keluar  dari dalam tasku. Tak dinyana ada seekor kumbang yang berondok aka sembunyi di dalam tasku yang terbuka. Mungkin  tuan lebah sudah ngumpet sejak semalam. Lha kok bisa? Lalu bagaimana tips pengobatan bila kena sengat lebah?

Kisahku bermula ketika di awal musim hujan ada tetesan air di dinding pemisah rumah dengan rumah tetangga belakang. Mungkin ada atap bocor? Pak tukang yang dipanggil dan melihat ke atas rumah disengat oleh beberapa lebah yang bersarang di rumah belakang yang kosong itu. Pak tukang tentu tak bisa bekerja dengan nyaman, lalu buat rencana mengusir lebah-lebah itu terlebih dulu. Bagaimana caranya mengusir lebah?

Sabtu malam pak tukang naik lagi ke atas rumah membawa obor. Obor dengan api menyala itu didekatkan ke sarang lebah dengan maskud untuk   mengasapi sarang lebah. Lebah-lebah yang tak tahan dengan panas dan asap  berhamburan keluar dari sarangnya, sebagian beterbangan entah ke mana. Ketika dirasa semua lebah telah keluar, sarang lebah diambil. Sarang lebah ini kosong tak ada madunya, mungkin ini jenis yang tak menghasilkan madu ya. Tampaknya sih bukan jenis lebah rumah Apis cerana . Kata pak tukang sih namanya lebah bata.

Minggu malam pengasapan dengan obor diulang lagi karena masih banyak lebah yang beterbangan mencari sarangnya, bahkan ada yang masuk ke rumah. Disangka dengan dua kali pengasapan semua lebah sudah minggat ya, tapi ternyata masih ada seekor yang masih sembunyi di dalam tas.

Pertolongan pertama yang harus dilakukan bila kena sengat lebah adalah mengeluarkan  sungut lebah yang mungkin tertinggal. Tak ada sungut tinggal di jariku, dan langsung kuminum obat alergi atau jenis antihistamin, ditambah analgetik dan anti radang.  Lain lagi kebiasaan orang di kampung bibi art , katanya bekas sengatan lebah itu digosok-gosok dengan cincin emas, sungut lebah akan terbawa keluar.

Btw, sarang lebah itu bisa dimakan lho. Teman sekerjaku pernah membawakan pepes odeng namanya, kuliner unik ya… Pepes odeng dibuat dari sarang lebah madu yang sudah dikeluarkan madunya. Enak kok rasanya lembut ketika dicicip, alhamdulillah aku tak mengalami alergi. Teman pak tukang itu makan tumis sarang lebah bengkak sekujur badannya selama 2 hari, karena dia rupanya alergi dengan lebah.

 

9 thoughts on “Tips Pengobatan Kena Sengat Lebah

  1. Satu Jam berkata:

    Dulu waktu kecil kalo kena sengat lebah saya biasanya cuman nyari bunga mawar atau semacamnya, yang penting bunga, trus di oles-oles di tempat yang terkena sengatan, Alhamdulillah sembuh beberapa saat kemudian.
    cara ini saya dapet dari orang tua saya. mungkin bisa di coba kalo nanti temen-temen kena sengatan lebah

  2. vizon berkata:

    Lebah itu binatang kecil, kaya manfaat, tapi juga mampu mempertahankan diri dari serangan lawan. Filosofi hidup lebah inilah yang membuat ia diabadikan menjadi salah satu nama surat dalam Al-Quran. Dan itu pulalah yg menginspirasiku membuat logo Mainan Bocah.

    Eh, aku juga pernah digigit lebah waktu di pondok dulu. Aku pukul-pukulin aja dengan sandal, sampai rasa perihnya dikalahkan oleh rasa sakit pukulan sandal, hahaha..😀

  3. Emaknya Benjamin br. Silaen berkata:

    Duuhh serem banget ya kak Monda klo disengat lebah begitu. Anakku pernah sekali kena, kita lagi duduk2 dibawah pohon besar di pusat kota. Aku lihatnya pas lebahnya terbang, tengkuk anakku kena sengat, cuma bbrp detik aja, awalnya si Ben ceriah tiba2 teriak, pas aku cek ada titik merah aja, langsung aku usap2. Untungnya gak kenapa2, langsung aku gedong nenangin dia dan kita pulang ke rumah, tetap ku pantau seharian itu, untunglah gak perlu obat apapun🙂 sdh kepikiran kasih antihistamin tp kita ga punya stoknya dirumah.

  4. Haya Nufus berkata:

    Semoga teman pak Tukang yang alergi lebah cepat sembuh ya bunda.. pernah baca kalau alergi lebah bisa sangat berbahaya. Baru tahu juga kalau sarangnya bisa dimakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s