Floral Photo Tale #2 Tanaman Hias Walisongo

Walisongo Schefflera actinophylla

Ordo : Apiales

Famili : Araliaceae

Genus : Schefflera

Species : Schefflera actinophylla

Local Name : Walisongo

 

Vibrant sebagai tema mingguan rasanya sesuai dengan warna merah cerah dari bunga di tepi jalan ini. Warna merah yang semarak.

Bunga yang disebut orang dengan nama Walisongo, penampilannya mirip dengan kembang mayang pada ondel-ondel. Cukup lama foto tanaman ini tersimpan karena tidak tahu namanya. Berbagai kata kunci dicoba tetapi tak berhasil menemukan namanya. Nama lokal Walisongo disebutkan oleh seorang hobiis tanaman kemarin.

Pohonnya sudah jamak ditemukan di mana-mana, tetapi baru kali itu kulihat bunganya. Tanaman yang sedang sarat berbunga ini tumbuh di trotoar jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, sangat dekat dengan jembatan penyeberangan.  Tanaman sudah berkembang setinggi gelagar jembatan. Mudah untuk menjangkaunya dari jarak dekat, tetapi cukup sulit untuk fokus membuat fotonya. Tak kuperhitungkan bunga mekar ini mengundang datangnya lebah untuk mengisap sarinya. Tiupan angin kencang menggoyangkan batangnya yang kurus, seolah-olah tangkai bunga itu akan menamparku. Upaya  keras  mengambil  fotonya sembari menghindar karena khawatir tersengat lebah.

Walisongo Schefflera actinophylla

 

Entah dari mana asal  namanya, atau alasannya dinamakan mengikuti tokoh sejarah 9 orang alim ulama penyebar agama Islam di Indonesia pada jaman dahulu. Apakah nama itu timbul dari jumlah helai daunnya yang menjari, yang jumlahnya 6 – 9 helai.

Dikabarkan walisongo mampu menyerap polutan dari asap rokok, makanya sering ditaruh dalam ruangan.

 

Walisongo Schefflera actinophylla

Di luar sana walisongo disebut umbrella tree karena naungannya seperti payung. Naungan  lebar ini seringkali menyebakan tanaman di bawahnya kekurangan cahaya matahari sehingga tanaman lain bisa mati. Selain itu walisongo  disebut invasif karena punya akar yang mampu merusak jalan, pipa air dan gas bahkan pondasi bangunan. Berhati-hatilah menanamnya di tanah, tanaman bisa tumbuh sampai 8 meter, jangan menanamnya dekat bangunan atau obyek penting lainnya. Bila mau memindahkan, akarnya harus dibuang semuanya.

Karena sifat invasif itu di Florida, Amerika Serikat tanaman Schefflera ini  dimasukkan pada daftar  do-not-plant list. (http://www.fleppc.org/list/05list.htm).

 

11 thoughts on “Floral Photo Tale #2 Tanaman Hias Walisongo

  1. mechtadeera berkata:

    Wow!! Beberapa kali lihat tanaman Walisongo ini, baru kali ini lihat bunga merah cerianya… Trmksh, mba Monda..jadi tahu bahwa tanaman ini takhanya unik krn jml daunnya saja🙂

  2. nh18 berkata:

    Ya …
    setau saya … mengapa tumbuhan ini dinamakan wali songo … karena daunnya yang biasanya berjumlah sembilan helai dalam satu ranting

    Salam saya Kak

  3. SITI FATIMAH AHMAD berkata:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda… bunganya aneh ya, merah menyala dan berkumpu-kumpul. malah punya asid yang membunuh tanaman sekitar. Mungkin digelar Walisongo sebagai pernyataan perkara yang bercanggah dengan agama akan dibasmi mereka habis-habisannya agar semuanya tampak bersih dan suci di sisinya. hehehe… itu telahan saya aja mbak.

    salam manis dari sarikei, Sarawak.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s