Kena Ranjau Paku

Terpaksa ke tukang tambal ban, tiga roda ada paku semua. #latepost

A post shared by Monda Siregar (@monda6) on

Pagi hari saat akan berangkat aktivitas terpaksa ke tukang tambal dulu. Pagi hari itu aku mendapati 2 buah  roda belakang kendaraanku dalam keadaan sangat kempes. Ban dibuka oleh tukang tambaban dan terlihat ada  baut besar kira-kira  dengan panjang setengah ruas jari. Curiga ban yang lainnya ada paku juga  akhirnya sekalian saja memeriksakan kedua roda depan juga. Betul dugaanku, ternyata  ada benda tajam di roda depan kanan juga.  Haduuuh… kesal deh

Ranjau paku istilahnya. Ranjau paku itu biasanya berbentuk baut, mur,  paku atau pecahan kaca  yang ditebar di jalan oleh oknum yang berniat jahat.  Tujuannya adalah  supaya ban kendaraan yang melintas tertusuk paku tersebut  sehingga mobil atau sepeda motor tersebut tak mampu melanjutkan perjalanannya . Modus para  pelaku penebar ranjau paku ini   antara lain agar  korban menambalkan ban di bengkel tukang tambal ban terdekat. Atau lebih parah lagi untuk merampok kendaraan yang menepi.

Selain yang sudah kusebutkan di atas,  ranjau paku  bisa juga dibuat  dari paku yang dibengkokkan atau potongan rangka payung. Mobil  dengan ban tubeless bila  tertusuk ranjau paku akan dengan  cepat kempes kehilangan angin.

Bagaimana cara kerja tukang tambal ban? Perlu  juga tahu  nih buat para pengendara yang masih awam. Cara mencari ranjau paku yang dilakukan tukang tambal  ban tubeless yaitu dengan cara membasahi roda dengan air sabun. Nantinya gelembung sabun akan terlihat di titik-titik kebocoran. Paku yang tertancap kemudian dicongkel. Lubang bekas paku itu lalu ditutup dengan cara menambalnya, yaitu dengan menusukkan sejenis plastik ke dalam lubang. Ban kemudian dipompa lagi. Selesai

Makanya harus hati-hati ya di perjalanan. Kadang-kadang ranjau paku bisa terlihat dari mobil. Hindari daerah pinggir jalan, biasanya  ranjau paku ditebar agak ke pinggir.

Jalan yang rawan ranjau paku yang kutahu  antara lain di samping Istana Presiden. Ini kubuktikan sendiri. Itu karena  pagi hari saat akan ke tempat kerja aku pernah lihat ada bapak penyapu ranjau. Ia membawa semacam pengepel lantai, tetapi di ujungnya itu ada magnet. Kelihatannya di magnetnya itu banyak paku yang terkumpul.

Terima kasih bantuannya pak. Para penyapu ranjau kini terabung dalam kelompok  Saber Community (sapu bersih) yang tersebar di berbagai sudut kota Jakarta. Katanya ranjau paku yang terkumpul itu bisa mencapai 1 ton dalam setahun.

Iklan

12 thoughts on “Kena Ranjau Paku

  1. nh18 berkata:

    Saya pernah kena juga Kak.
    Bukan kendaraan saya sih
    Cuma waktu itu saya dibonceng salah seorang pemuda baik tetangga saya yang membantu keluarga kami untuk mengurus pemakaman Almarhum Ayah saya.
    Pagi hari sekail, Saya digonceng oleh Pemuda baik tersebut, menuju ke Tanah kusir untuk mencari lokasi tanah kuburan untuk makam Ayah saya.
    namun apa daya sampai kolong Kebayoran Lama bannya kempes dan hancur. Terpaksa di ganti dulu ban dalemnya. Urusan yang perlu segera jadi terhambat,
    Kebayangkan … sedang sedih, galau, dikejar waktu mengalami musibah ini pula. Saya hanya berharap ranjau paku bisa sedikit demi sedikit bersih dari jalanan

    Salam saya Kak

  2. Gara berkata:

    Iya Mbak. Di daerah Roxy juga pusat banget ranjau pakunya. Pernah ada penyebar ranjau yang sampai dibakar massa hingga tewas. Pernah pula komunitas saber ini diancam dan diintimidasi oleh tukang tambal ban daerah sana (kan jadi ketahuan siapa pelakunya, ya?). Heran deh cari rezeki kok caranya kotor seperti itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s