Manfaat Markisa alias Passion Fruit

bunga markisa "Passion Fruit Flower"

Markisa (Passiflora flavicarpa)

Sudah tak asing lagi dong dengan buah yang bernama markisa. Suka dengan sirup markisa? Buah yang rasanya asam manis ini memang agak merepotkan bila dimakan karena banyak bijinya. Jika alasannya karena  susah memisahkan bijinya, bisa dengan cara disaring kok atau beli sirupnya saja sekalian he.. he..

Markisa ini tak hanya bisa disantap, bunganya pun cantik sekali. Bentuk bunganya unik dengan sulur-sulur dan seperti ada antena. Beberapa penjual tanaman mulai menjual pohon  markisa  sebagai tanaman hias. Pohon markisa ditanam dalam pot, dilengkapi dengan tiang tempat perambatan.  Pohon markisa berbunga lebat dihargai sampai ratusan ribu rupiah lho.  Jadi sekarang markisa bisa dikembangkan sebagai tanaman produksi dan tanaman hias.

Markisa Passiflora edulis

Markisa (Passiflora edulis)

 

Bunga markisa  berwarna merah ini  terlihat memikat ya.  Markisa jenis ini sekarang sering terlihat menghasi tembok di  halaman gedung perkantoran dan restoran. Meriah sekali bila berbunga serentak.

Di Indonesia ada 4 jenis markisa yang dibudidayakan, semuanya berbunga indah. Tetapi ada jenis tanaman liar yang berbunga mirip markisa.  Namanya Rambusa, yang satu genus dengan markisa. Yaitu genus Passiflora. Rambusa (Passiflora foetida)  ini sering terlihat di lahan tak terawat atau di pinggir ladang.

Calon Buah Rambusa "Passiflora foetida"

Calon bunga Rambusa (Passiflora foetida)

Rambusa  dengan nama ilmiah Passiflora foetida ini juga tumbuh merambat. Ukuran bunga dan buahnya  lebih kecil daripada markisa.  Yang membuatnya khas yaitu bulu-bulu di daun dan batang. Bakal buah juga seperti terbungkus selaput berbulu. Dahulu sebagai kanak-kanak sering bermain di luar ruang, seperti telah diceritakan di tulisan berjudul Rambusa dan Markisa Passion Fruit Berbungan Indah. Rasa buah rambusa matang memang agak mirip dengan rasa markisa.

Markisa punya banyak kegunaan, dan mengandung vitamin C. Ada yang mengatakan markisa juga baik untuk menambah nafsu makan anak-anak.

 

Iklan

8 thoughts on “Manfaat Markisa alias Passion Fruit

  1. dani berkata:

    Wah makasih Mbak Monda. Sebelumnya saya selalu ngira kalo Markisa itu jenis pohon berakar tunjang dengan batang pohon besar. Ternyata bukan ya. Hahaha..

  2. ysalma berkata:

    Saya suka makan markisa, tapi baru ngeh kalo bunganya yg merah itu. Padahal sering ngelihat juga 😀
    Rambusa ini dikampuangku lebih dikenal dengan sebutan rambutan aka, krn diselimuti seperti rambut tp merambat.

    • monda berkata:

      untuk penambah nafsu makan dapat info dari tetangga
      kasih ke anak, tapi anaknya nggak mau he… he.., balik lagi kasih temulawak aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s