Poinsettia

 

Mulai bulan Desember biasanya terlihat pemandangan memerah di sepanjang jalan Jakarta, di tempat biasanya penjual tanaman mangkal. Warna merah ini berasal dari tanaman Pointsettia yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama Kastuba (Euphorbia pulcherrima). Tanaman ini sering dijadikan hiasan Natal, karena warna hijau dan merahnya yang meriah menjadi warna khas Natal.

Tanaman ini berdaun hijau dan berbunga merah. Bunga merah itu sebetulnya adalah daun bunga. Sedangkan bunga aslinya kecil dan tidak menonjol. Pointsettia adalah tanaman subtropis berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah. Bangsa Aztec di Meksiko menamakannya Cuetlaxocitl.
Tahun 1825 bunga ini dibawa oleh duta besar Amerika serikat di Meksiko pulang ke negaranya. Akhirnya bunga ini dinamakan sesuai nama belakang sang duta besar Joel Robert Poinsett.

Di sini bunga ini sudah bisa diperbanyak dengan perlakuan khusus. Bunga harus ditutup dengan plastik hitam selama beberapa jam per hari agar tidak banyak mendapat sinar matahari jika ingin daun barunya tetap merah. Jika dibiarkan terbuka maka daun baru yang keluar akan berwarna hijau.
Menurut Iptek.net tanaman inipun bisa berfungsi sebagai tanaman obat.

Gambar diambil dari sinihitl

17 thoughts on “Poinsettia

  1. nanaharmanto berkata:

    Wah… dulu di kampung saya buanyal banget.. merah cerah..
    waktu sdh besar, melihat kastuba ini ditanam di pot dan dijual dengan harga lumayan.. waktu itu jadi kangen sama kastuba kampung yg pohonnya lebih besar. sayang sering kena hama semacam kutu putih…

    Hmm… perawatannya memang unik ya Kak… kalau saya mungkin nggak telaten hehehehe…

  2. Pendar Bintang berkata:

    Siang Ibu Monda….

    Akhirnya bisa berkunjung lagi….meski nyuri2 waktu makan siang….

    Suka banget ngelihatnya….dan kayanya familiar dech,selain yang tiruan tentunya, heeee
    Soalnya pernah lihat di florist depan kantor, heeee
    Kirain kenapa dibungkus2 gitu…

  3. Bibi Titi Teliti berkata:

    Lucu juga bunganya ya mba…

    tapi aku sebaiknya menjauhi tumbuh tumbuhan…
    Mereka suka rada sentimen ama aku soalnya…
    Tiap nanam apa pun…
    Jarang ada yang berlangsung lama…hihihi…
    mati terus…

  4. bintangtimur berkata:

    Kastuba adalah salah satu tanaman yang saya suka.
    Ternyata itu ya yang menyebabkan daun kastuba baru berwarna hijau…hehe, mulanya saya heran mbak, kenapa kalo di yang jualan bunga, hampir semua daunnya berwarna merah😀

  5. Anoraga berkata:

    wah baru tahu ada bunga cantik untuk bulan Desember soalnya dikampung saya belum ada.
    Bisa ditanam dirumah mbak ?
    Terima kasih infonya
    salam hangat dari Surabaya

  6. edratna berkata:

    Saya pernah beli tanaman kastuba ini dua pot..ehh dirumah daunnya menjadi berwarna hijau. Terus pengin kastuba kampung yang mudah perawatannya, tapi belum ketemu sampai sekarang….kastuba yang ini perawatannya mudah, hanya diperlukan sinar matahari yang cerah agar daun menjadi berwarna merah…..sesuai dengan halaman rumahku yang sempit dan penuh cahaya matahari jika siang.

  7. noorsevianne berkata:

    Wah, aku suka banget tanaman ini, kemarin aku melihara, tapi ngga tahu namanya apa. Baru tahu sekarang. Sayangnya, pohon ini udah ditebang karena kena hama huhuhuhu😦

    Salam kenal ya bu🙂

  8. frommylittlekitchen berkata:

    iya nih.. bunga ini lagi banyak di tukang2 bunga jejeran samping kantor.
    Bagus, ternyata berkhasiat juga ya.. jadi obat apa ya… Mahal gak sih bunga ini, mo’ tanya ke tukang bunga, tapi kalo gak beli kayaknya gak enak hehehe.. Mungkin kalo gak terkena sinar matahari langsung tetap merah ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s